JIC Ramadhan; Gelar Pameran Kaligrafi International

JIC Ramadhan; Gelar Pameran Kaligrafi International

Jakarta Islamic Centre Gelar Pameran Kaligrafi Internasional di bulan Ramadhan

KABARINDO, Jakarta-  Pusat pengkajian dan pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) dibulan Ramadhan menyelenggarakan kegiatan yang bersifat nasional dan internasional.

Ramadhan menjadi momentum untuk menggerakkan perubahan kearah yang lebih baik. Diantara kegiatan  yang akan di sorot dunia adalah Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional yang akan diikuti perwakilan seniman kaligrafi dari 26 negara.

“Dalam momentum yang baik ini, di bulan yang penuh berkah Jakarta Islamic Centre menggelar Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional yang bertema “The Power Of Quran” yang diikuti 26 negara. Negara yang terlibat dalam pagelaran ini antara lain : Indonesia, India, Malaysia, Iran, Tunisia, Bangladesh, Mesir, Iraq, Algeria, Libanon, Pakistan, Marocco, China, Saudi Arabia, UAE, Inggris, Amerika, Syiria, Bahrain, Uzbekistan, Libya, Yaman, Kuwait, Afganistan, Thailand, dan  Srilangka.” Sebagaimana disampaikan Kepala Pusat Pengkajian dan pengembangan Islam Jakarta KH. M. Subki, LC dari rilis yang di akses redaksi.

Pameran yang akan di gelar secara Hybrid, dengan 2 model  yakni Pameran Offline digelar di koridor tengah Jakarta Islamic Centre dengan menghadirkan 100+ karya dari seniman kaligrafi dari Indonesia dan dunia, serta pendekatan virtual 3D interaktif. Pameran kaligrafi Kontemporer internasional dengan menggunakan 3D interaktif memudahkan pengunjung dimanapun berada, seolah sedang berada di ruang pamer, pengunjung bisa berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Ungkap M. Arif Syukur selaku Ketua panitia penyelenggara sekaligus Direktur Islamic Exhibition.

Pameran kaligrafi kontemporer ini akan berlangsung dari tanggal 15-22 April 2022. Pengunjung bisa memanjakan mata menyaksikan karya-karya yang syarat akan makna, garis, titik yang berkelindan membentuk kalimat-kalimat agung yang bersumber dari Al Quran dan hadits tersajikan begitu indah. Ide dan gagasan menjadi latar sebuah karya terwujud, tentu saja dapat dimaknai sebagai dialog visual dan spiritual antara makhluk semesta dengan Tuhannya. The Power Of Quran menjadi nafas dalam karya-karya yang dihadirkan. Sayang untuk dilewatkan gelaran yang cukup besar ini. 
Pameran kaligrafi kontemporer Internasional yang bertema “ The Power Of Quran” di bulan Ramadhan adalah bagian program kegiatan dari  divisi Sosial Budaya dan Ekonomi Syariah.

Program yang mempertemukan dakwah melalui karya visual kaligrafi dengan khalayak, diharapkan mampu menjadi sumber inspirasi bagi yang melihatnya. Tutur Dr. Edi Sukardi, M.Pd selaku kepala divisi Sosbud.
Pameran kaligrafi kontemporer internasional rencananya akan dibuka oleh Dr. H. Ali Maulana Hakim, SIP, M.Si, selaku  Walikota Jakarta Utara pada hari jum’at pukul 14.00 wib diraung Audio Visual 1 Jakarta Islamic centre. Dalam rangkaian pembukaan akan ada sambutan dari Ketua DPD RI H. La Nyalla Mattalitti, Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif H. Sandiaga Uno serta keynote Speaker Hj. Fahira Idris, SE MH.

Para Seniman kaligrafer yang akan mengikuti event pameran kaligrafi kontemporer internasional ini anatara lain M. Arif Syukur, KH. Didin Sirojuddin, Badrus Zaman, Said Akram, Ilham Khoiri, Fadjar Sutardi, Agus baqul Purnomo, Mr. Gori Yusuf Husein (India) Ainun Jariah Yacoob (Malaysia) Haji Noor Deen ( China) Abu Yahya (Inggris). 

Pengunjung yang ingin menyaksikan Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional dapat langsung datang ke Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre). Menurut M. Arif Syukur pada hari senin akan di gelar live Performance menulis kaligrafi dengan menggunakan Qalam dan Teknik melukis kaligrafi, menghadirkan para kaligrafer yang memiliki jam terbang sudah cukup banyak. Pameran dengan pendekatan 3D interaktif juga dapat di akses melalui website : www.pamerankaligrafi.com.