Jusuf Kalla Hadiri Upacara Pemakaman Mantan Presiden Finlandia

Jusuf Kalla Hadiri Upacara Pemakaman Mantan Presiden Finlandia

KABARINDO, HELSINKI -- Para pejabat asing berkumpul di ibu kota Finlandia pada hari Jumat 10/11/2023 siang waktu setempat, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada mantan Presiden Martti Ahtisaari, termasuk para pemimpin negara tempat ia membantu mencapai perjanjian perdamaian. Ahtisaari, yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2008, meninggal pada 16 Oktober pada usia 86 tahun.

Lebih dari 800 pejabat dan tamu, termasuk Presiden Kosovo Vjosa Osmani, Presiden Namibia Hage Geingob, mantan Presiden Tanzania Jakaya Kikwete, dan *_Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla_*, mantan Ketua Tim Juru Runding RI Hamid Awaluddin dan mantan pemimpin gerakan pemberontak Aceh Merdeka Malik Mahmud, menghadiri upacara di Katedral Helsinki.


“Dia adalah orang Finlandia yang hebat, penerima Hadiah Nobel Perdamaian. Dia memberi cap pada sejarah Finlandia dan sejarah internasional,” kata Presiden Finlandia saat ini Sauli Niinistö dalam pidatonya.

“Pekerjaan yang dilakukan Presiden Ahtisaari di Indonesia, Kosovo, Namibia dan banyak tempat lainnya telah meninggalkan jejak dalam kehidupan banyak orang,” katanya di akhir upacara gereja, yang meliputi peletakan karangan bunga dan musik oleh komposer klasik paling terkenal di Finlandia. , Jean Sibelius.

Ahtisaari membantu mencapai kesepakatan damai terkait penarikan diri Serbia dari Kosovo pada akhir tahun 1990an, upaya kemerdekaan Namibia pada tahun 1980an, dan otonomi khusus bagi provinsi Aceh di Indonesia pada tahun 2005. Ia juga terlibat dalam proses perdamaian Irlandia Utara pada akhir tahun 1990an. bertugas memantau proses perlucutan senjata IRA.

Ia kemudian mendirikan Inisiatif Manajemen Krisis (CMI) yang berbasis di Helsinki, yang bertujuan mencegah dan menyelesaikan konflik kekerasan melalui dialog dan mediasi informal. Pada bulan Mei 2017, Ahtisaari mengundurkan diri sebagai ketua namun mengatakan dia akan terus bekerja dengan organisasi tersebut sebagai penasihat. Pada tahun 2021, Ahtisaari diumumkan menderita penyakit Alzheimer stadium lanjut.

Setelah kebaktian, tentara membawa peti mati ke mobil jenazah sementara band militer memainkan pawai pemakaman di luar katedral neoklasik dengan kubah hijau tinggi yang khas dan empat kubah kecil.

Bendera Finlandia, berbentuk salib biru dengan latar belakang putih, dikibarkan setengah tiang pada hari Jumat melintasi ibu kota.

Saat cuaca dingin, ratusan orang berbaris di sepanjang rute dari katedral melalui pusat kota Helsinki hingga pemakaman Hietaniemi di kota tersebut, tempat Ahtisaari dimakamkan bersama presiden Finlandia lainnya. Jandanya, Eeva, dan putranya, Marko, masing-masing melemparkan sekuntum mawar merah ke dalam kuburan saat hujan turun dengan lembut. Prosesi pemakaman sempat berhenti di luar istana presiden tempat ia menjabat pada tahun 1994 hingga 2000.

Kebaktian gereja dan prosesinya disiarkan di televisi nasional.


Setelah prosesi upacara pemakaman selesai dilaksanakan, malam harinya Perdana Menteri Finlandia Petteri Orpo menjadi tuan rumah acara jamuan kenegaraan bagi tamu asing dan pejabat lainnya, yang telah hadir pada upacara persemayaman di Katedral Helsinki. Foto: Istimewa