KAI Daop 1: Perjalanan Kereta Api selama Nataru Berlangsung Lancar

KAI Daop 1: Perjalanan Kereta Api selama Nataru Berlangsung Lancar

KABARINDO, JAKARTA - Perjalanan kereta api selama periode libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 alias Nataru secara keseluruhan berlangsung kondusif dan lancar.

Fakta tersebut diungkapkan oleh Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, pada Sabtu (1/1/2022).

"Seluruh penumpang yang berangkat dipastikan memenuhi aturan dan dalam kondisi sehat,” ujar Eva Chairunisa dikutip dari Antara.

Meski demikian, tercatat ada sekitar 7.000 penumpang yang tak dapat memenuhi syarat perjalanan.

Baca Juga:

Rata-rata penumpang tak memenuhi persyaratan karena belum menerima vaksin dosis kedua untuk usia di atas 17 tahun maupun belum melakukan tes PCR untuk anak di bawah 12 tahun.

Sebagian penumpang yang tak memenuhi syarat itu melakukan perubahan jadwal sembari melengkapi syarat. Namun, ada pula yang memutuskan untuk batal melakukan perjalanan.

Eva Chairunisa pun menjelaskan mekanisme yang telah disiapkan untuk para penumpang yang membatalkan perjalanannya pada periode Nataru ini.

"Bagi penumpang yang batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan perjalanan di masa Nataru ini, biaya tiket dikembalikan 100 persen tunai di loket," kata Eva.

Pada kesempatan itu, Eva juga melaporkan jumlah penumpang yang melakukan perjalanan pada malam tahun baru dari Stasiun Pasar Senen mencapai 7.000 orang dan Stasiun Gambir ada 5.600 orang.

Selain itu, volume penumpang Daop 1 per hari ini mengalami penurunan hampir 70 persen dibandingkan pada masa normal sebelum Covid-19.

Hal ini diduga terjadi karena imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk mengurangi perjalanan demi memperlambat laju penyebaran Covid-19.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara