Kemenkes : Pelaksanaan Vaksinasi Booster dihari Pertama Berjalan Lancar

Kemenkes : Pelaksanaan Vaksinasi Booster dihari Pertama Berjalan Lancar

KABARINDO, JAKARTA – Pelaksanaa penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 (booster) yang dimulai kemarin, Rabu 12 Januari 2022 oleh pemerintah berjalan dengan lancar.

“Belum (ada laporan kendala). Ya so far berjalan lancar,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Kamis (13/1/2022).

Ditanyakan berapa jumlah masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi booster di hari pertama, Nadia mengaku belum mendapatkan jumlah detailnya. Namun, dia memastikan daerah-daerah yang telah memenuhi kriteria telah melaksanakan penyuntikan vaksinasi.

“Datanya (jumlah yang divaksinasi booster) belum terinfo aku yaa. Daerah-daerah yang sudah memenuhi kriteria yaa (telah melaksanakan) yakni minimal 70% dosis 1 seluruh sasaran dan 60% dosis lansia,” tuturnya.

Dalam rangka meningkatkan kekebalan masyarakat menghadapi Covid-19, pemerintah memperluas cakupan vaksinasi booster. Dari yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, saat ini diberlakukan bagi masyarakat luas.

Namun begitu, vaksinasi booster akan diprioritaskan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan terlebih dulu. Selain itu, juga diberikan secara gratis. Syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk calon penerima vaksin dosis ketiga ini adalah sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.