Kemenpora Hanya Akan Kirim Cabor Potensial Medali di SEA Games Hanoi

Kemenpora Hanya Akan Kirim Cabor Potensial Medali di SEA Games Hanoi

KABARINDO, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih belum memutuskan kapan pelaksanaan pelatihan nasional (Pelatnas) SEA Games 2021 yang tinggal menghitung bulan lagi.

Seperti diketahui SEA Games 2021 Hanoi telah diputuskan akan diselenggarakan pada bulan Mei 2022.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti menjelaskan bahwa mereka masih meninjau proposal dari masing-masing induk cabang olahraga (cabor).

“Kami akan melakukan review sebagai tahap awal dari proses pelatnas. Review tim independen, pakar olahraga dan wakil dari KOI dan KONI,” kata Chandra saat Rapat Kerja Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Prioritaskan Cabor yang Potensial

Chandra menjelaskan bahwa Kemenpora akan memprioritaskan cabang olahraga prioritas sesuai dengan target utama yang tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Kemenpora juga hanya akan mengirim atlet dari cabor yang memang berpeluang besar meraih medali di SEA Games.

Baca Juga: Demi Keselamatan, Atlet Diingatkan Tutup Mulut Soal HAM Selama Jalani Olimpiade Beijing 2022

Kemenpora, lanjut dia, juga hanya akan mengirimkan atlet-atlet dari cabang olahraga yang memang berpotensi meraih medali di SEA Games.

“Kami akan me-review berapa target medali yang dicanangkan. Prinsip kebijakan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, yaitu lebih baik ramping kontingen, tetapi kaya medali. Jadi, kami akan mengedepankan cabang Olimpiade potensial medali,” jelas Chandra.

Di sisi lain, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mendorong federasi olahraga nasional untuk fokus mengedepankan kejuaraan kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2022 di tengah padatnya agenda multievent internasional yang akan digelar sepanjang tahun ini.

“Kami ingin agar lebih banyak atlet dikirim ke Olimpiade dan fokus ke perolehan medali. Kami juga ingin agar bagaimana kita bisa lebih fokus ke nomor-nomor Olimpiade," ujar Okto.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara