Kenali Tanda Hamil Wanita Dalam 1 Minggu Yang Sering Diabaikan

 Kenali Tanda Hamil  Wanita Dalam 1 Minggu Yang Sering Diabaikan

KABARINDO, JAKARTA- Hamil 1 minggu apa sudah terlihat? Mungkin banyak ibu yang bertanya-tanya, apa saja tanda hamil 1 minggu yang terlihat? Saat hamil, ada perubahan-perubahan yang dirasakan seperti perubahan nafsu makan hingga morning sickness. Namun, apakah benar gejala itu adalah tanda kehamilan? Tanda pertama kehamilan yang paling umum adalah periode menstruasi yang terlewat atau telat haid. Telat haid ini bisa ditentukan di sekitar minggu keempat kehamilan. Di periode tersebut, Anda akan merasakan kram perut serta bercak darah, mual atau morning sickness hingga gejala awal kehamilan yang lain.

Karena itu, tanda hamil 1 minggu jarang disadari sebagian perempuan karena tanda-tandanya mirip dengan gejala menstruasi. Pada minggu pertama ini, jika kehamilan benar-benar terjadi, janin juga belum terbentuk dengan wujud pasti, yang jika di-USG sama sekali belum terlihat. Meski minggu 1 adalah waktu yang terlalu awal untuk menyadari ada tidaknya kehamilan, tapi Anda tetap bisa mengantisipasi tanda-tanda hamil yang mungkin terjadi. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut adalah tanda hamil 1 minggu yang bisa dirasakan. Gejala kehamilan di minggu 1 berbeda pada setiap ibu dan kehamilan. Beberapa perempuan mungkin mengalami gejala seperti munculnya bercak flek darah atau sakit kepala selama minggu pertama kehamilan, namun beberapa perempuan tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali.

Gejala awal kehamilan lainnya termasuk:

- mual dengan atau tanpa muntah

- perubahan payudara termasuk nyeri saat ditekan, bengkak, perasaan kesemutan atau vena biru

- sering buang air kecil - sakit kepala - peningkatan suhu tubuh basal

- kram panggul ringan atau ketidaknyamanan tanpa pendarahan

- kelelahan - mudah marah atau perubahan suasana hati

- ngidam makanan - indra penciuman yang meningkat

- rasa logam di mulut.

Meski demikian, tidak gejala ini untuk kehamilan.  Penting untuk dicatat bahwa awal kehamilan tidak selalu menyebabkan gejala yang nyata.

Cara terbaik bagi seseorang untuk mengetahui apakah mereka hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan.

 

Sumber: Viva.co.id

Foto: grid.id