Ketua ASFA Foundation dan Pimpinan Gontor Kunjungi Ummul Quro

Ketua ASFA Foundation dan Pimpinan Gontor Kunjungi Ummul Quro

KABARINDO, MAKKAH- Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Dr. H. Syafruddin Kambo dan Pimpinan Pondok Modern Gontor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, MA mengunjungi Universitas Umul Quro di Makkah Al-Mukarromah, Kamis, (2/11). 

Kunjungan dalam rangka meninjau pelaksanaan daurah serta membicarakan pengembangan kerjasama pendidikan dengan Universitas Umul Quro pada program pelatihan bahasa Arab dan pengajaran Al-Quran bersanad di Masjidil Haram.

Daurah dilaksanakan dalam dua kluster: yaitu untuk santri dan untuk guru.  berasal dari utusan lembaga dan ormas. Peserta daurah terdiri dari utusan berbagai pondok pesantren, baik ashriyah, salafiyah dan Muhammadiyah. 

Dauroh atau short course bahasa arab dimaksudnya untuk penguatan bahasa arab di lembaga pendidikan dan pesantren di Indoneaia. Para asatidz dan utusan dari pondok pesantren diajarkan metode dan kurikulum pengajaran bahasa arab dari para pakar bahasa di Saudi Arabia. Sekembalinya peserta dari daurah, mereka dapat mengembangan metode pengajaran bahasa Arab dengan metode terbaru dan lebih efektif serta lebih efisien. 

Ketua ASFA Foundation mengapresiasi pelaksanaan daurah ini. Beliau berharap agar ditingkatkan lagi baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. 

Hal yang sama disampaikan Pimpinan Gontor KH. Amal Fathullah Zarkasyi. Menurut beliau, pihak Universitas Ummul Qura diharapkan tidak saja membuka peluang untuk daurah, tetapi juga untuk pendidikan formal S1, S2 dan S3 bagi para kader pesantren. 

Hadir mendampingi kunjungan ke Ummul Qura, antara lain: KH. Anang Rikza Masyhadi, Pimpinan Pondok Modern Tazakka dan Sekjen Forum Pesantren Alumni Gontor; KH. Anizar Masyhadi, Wakil Ketua Lazis ASFA dan Wasekjen DMI, Habib Dr. Ali Hasan Bahar, Ketua Lazisnu dan Wasekjen MUI; Ustadz Pangeran Arsyad Sekretaris ASFA Foundation dan lain-lain. 

Program daurah ini yang diinisiasi oleh ASFA Foundation. Foto: Ist