Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mundur sebagai Pemimpin Partai Demokrat DPR

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mundur sebagai Pemimpin Partai Demokrat DPR

KABARINDO, WASHINGTON - Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi memutuskan akan mundur sebagai pemimpin Partai Demokrat DPR. Keputusan itu menyusul menangnya Partai Republik di Pemilihan DPR pada Kamis (17/11/2022) waktu setempat.

Melansir Reuters, Jumar (18/11/2022), meski mundur sebagai Ketua DPR AS, politikus berusia 82 tahun itu tetap akan menjadi anggota Kongres mewakili San Fransisco di DPR, seperti yang telah dilakukannya selama 35 tahun.


Pelosi menyebutkan, DPR merupakan ruang suci dan jantung demokratasi bagi AS. Ia mengenang ketika Capitol untuk pertama kalinya sebagai seorang anak ketika ayahnya dilantik sebagai anggota DPR.

"Demokrasti AS itu agung, tapi rapuh. Banyak dari kita di sini telah menyaksikan kerapuhan kita secara langsung, secara tragis di kamar ini. Jadi demokrasi harus selamanya dipertahankan dari kekuatan yang ingin merusaknya," kata Pelosi dalam sambutannya, dikutip dari Reuters, Jumat (18/11/2022).

Pelosi menerima sorakan dari politikus Partai Demokrat lain saat dia mengambil tempatnya di ruang DPR.

Ia mengatakan, terdapat peningkatan jumlah perempuan yang bertugas di DPR sejak pertama kali bergabung. Ia pun berterima kasih kepada keluarga dan stafnya.

"Hari baru akan segera tiba," kata Pelosi.

Hakeem Jeffries dari pemilihan New York akan menggantikan Pelosi sebagai pimpinan DPR AS dari Partai Demokrat. Jeffries akan menjadi anggota parlemen kulit hitam pertama yang memimpin salah satu partai besar di Kongres.

Foto: Reuters