Ketum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf Resmi Tutup Forum Agama R20

Ketum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf Resmi Tutup Forum Agama R20

KABARINDO, BALI - Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) secara resmi menutup Forum Agama G20 (Forum R20) di Hotel Grand Hyat Nusa Dua, Bali pada Kamis (3/11/2022). Penutupan itu ditandai dengan ketukan palu.

“Menandai berakhirnya acara ini, ada pengetukan (palu) untuk membukakan pintu pertolongan-Nya kepada kita,” kata Gus Yahya menutup Forum R20 secara resmi.

Pada kesempatan itu, Gus Yahya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh narasumber dan peserta yang telah bersama-sama hadir memenuhi undangannya.

Serta Gus Yahya menegaskan bahwa Forum R20 menjadi awalan dari perwujudan harapan yang telah dilakukan NU selama ini. Dimana NU dari waktu ke waktu terus mencoba menjangkau seluruh masyarakat dunia untuk menjadi mitra guna menghasilkan satu gerakan global serta berkontribusi aktif dan positif terhadap pembangunan manusia dan masa depan yang lebih baik bagi peradaban manusia.

“Kami membuat satu panggilan universal dan Anda telah menjawab panggilan kami dan di titik ini, saya meyakini bahwa kita semua setuju dan sepakat untuk R20 bukan satu acara saja, tetapi mengembangkannya menjadi pergerakan global," tutur dia.

Sebelumnya, Gus Yahya menyerahkan penyelenggaraan Forum Agama G20 tahun 2023 kepada tokoh agama India, HH Mahamahopadhyaya Swami Bhadreshdas.

Serah terima ini ditandai dengan penyerahan pataka forum R20 dan plakat. Keduanya didampingi sejumlah tokoh, seperti Kepala Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) untuk Asia Tenggara dan Australia Syekh Abdurrahman Al-Khayyat, Perwakilan pemerintah Indonesia Muhsin Syihab, Ahmad Suaedy selaku Ketua Panitia Forum R20, dan sejumlah tokoh agama dari India.

Dalam sambutan penutupannya, Gus Yahya menyampaikan, bahwa momen ini sangatlah menyentuh. Ia sampai tidak dapat menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas partisipasi para pembicara dan peserta dalam kegiatan tersebut. Hal itu dalam rangka menjawab panggilan untuk mencapai situasi ideal yang ingin dicapai bersama.

Sebagai informasi, Forum Agama G20 atau R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022. Ada 338 partisipan yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20, yang berasal dari 32 negara.

Sebanyak 124 berasal dari luar negeri. Forum tersebut menghadirkan 45 pembicara dari lima benua. Foto: Tangkapan Layar