Kisah Miro Baldo Bento dan Joao Bosco, Eks Pemain Timnas Indonesia Berpaspor Timor Leste

Kisah Miro Baldo Bento dan Joao Bosco, Eks Pemain Timnas Indonesia Berpaspor Timor Leste

KABARINDO, DILI - Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral, keduanya merupakan mantan pemain Timnas Indonesia. Namun, sejak 2002 silam keduanya berpaspor Timor Leste dan memilih untuk membela tim nasional tersebut.

Sebelum berpisah, sejak 1976 Timor Leste adalah bagian dari Indonesia, dengan nama Provinsi Timor Timur.

Banyak talenta berbakat dari timur Indonesia yang dapat diandalkan Timnas Indonesia, termasuk Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral.

Miro Baldo Bento pernah membela klub Persija Jakarta dan juga PSM Makassar (1999-2002). Bersama PSM Makassar ia meraih kejayaan dan berhasil juara Liga Indonesia 1999-2000.

Ia juga membantu PSM Makassar lolos ke perempatfinal Liga Champions Asia 2001 dan runner-up Liga Indonesia 2000-2001. Bersama Kurniawan Dwi Yulianto, Miro Baldo Bento berhasil berkolaborasi di lini depan skuad Juku Eja.

Selain itu, Miro Baldo Bento juga bergabung dengan Timnas Indonesia di Piala AFF (Piala Tiger) 1998 dan 2000. Dengan ini ia berhasil membawa Timnas Indonesia hingga finis ketiga pada 1998 dan runner-up dua tahun berselang.

Sedangkan untuk Joao Bosco Cabral mampu membawa Persikota Tangerang lolos ke semifinal Liga Indonesia 1999-2000. Pemain yang dikenal dengan brewoknya ini juga pernah bersama Persija Jakarta dan berhasil membawa tim Macan Kemayoran lolos ke semifinal Liga Indonesia 2007.

Kiprah Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral bersama Timnas Indonesia tak berlangsung lama. Pada 2002 mereka memilih untuk tak lagi membela Timnas Indonesia dan memilih Timnas Timor Leste lantaran Timor Timur dinyatakan merdeka kemudian berubah nama menjadi Timor Leste.

Dalam waktu dekat, tepat pada 27 dan 30 Januari 2022, Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam uji coba di Stadion I Wayan Dipta Gianyar. Kemenangan penting bagi Timnas Indonesia agar mampu mendongkrak posisi di ranking FIFA.

Profil Miro Baldo Bento

Nama Lengkap: Miro Baldo Bento de Araújo

Tanggal Lahir: 4 Juni 1975 (46)

Tempat Lahir: Dili, Portuguese Timor

Posisi: Striker

Berikut Profil Joao Bosco Cabral

Nama lengkap: Joao Bosco Ribeiro Cabral

Tanggal Lahir: 7 Juli 1975 (46)

Tempat Lahir: Portuguese Timor

Posisi: Pemain Belakang

Sumber: Okezone.com

Foto: instagram.com/mirobaldob