Kondisi Sehat, Imigrasi Deportasi Bule Jerman yang Telanjang Saat Pementasan Tari di Puri Saraswati Ubud Bali

Kondisi Sehat, Imigrasi Deportasi Bule Jerman yang Telanjang Saat Pementasan Tari di Puri Saraswati Ubud Bali

KABARINDO, DENPASAR - Imigasi mendeportasi Darja Turchinsky (28), warga negara Jerman yang telanjang di panggung saat pementasan tari di Puri Saraswati Ubud, Bali, Kamis (1/6/2023). 

"Dia sudah dinyatakan sehat, sehingga pengusiran paksa bisa dilakukan," kata Kepala Kantor Imigrasi Denpasar Tedy Riyandi.

Dia menjelaskan, Turchinsky dideportasi dari Bandara Ngurah Rai dini hari tadi pukul 00.05 WITA. Bule perempuan itu diterbangkan dengan pesawat Emirates Airlines EK399 tujuan Dubai - Dusseldoft (Jerman).

Selama penerbangan, dia didampingi kerabat dekatnya yang datang ke Bali setelah mendapat kabar dari Konsulat Jerman di Bali tentang ulah Turchinsky.

Menurut Tedy, Turchinsky sudah dinyatakan sehat setelah delapan hari dirawat di RSJ Bangli karena menderita gangguan jiwa. Setelah sehat, dia diserahkan ke Kantor Imigrasi Denpasar, Selasa (30/5/2023) lalu.

Dari hasil pemeriksaan, Turchinsky masuk ke Bali lewat Bandara Ngurah Rai pada 3 Mei 2023. Dia datang untuk berlibur menggunakan visa on arrival (VoA). "Dia juga sudah dua kali pernah mengunjungi Bali pada tahun 2019," ujar Tedy.

Diberitakan sebelumnya, Turchinsky tanpa sehelai busana alias telanjang bulat tiba-tiba nyelonong ke panggung saat berlangsung pementasan tari di Ubud, Gianyar, Senin (22/5/2023) malam.

Dia bahkan berjalan ke panggung saat pagelaran tari sedang berlangsung dan menyempatkan diri ikut menari. Petugas penjaga panggung lalu mendekati Turchinsky dan segera memintanya turun dari panggung.