KONI Lantik Pengurus PSSI Periode 2023-2027, Simak Ini Susunan Pengurusnya!

KONI Lantik Pengurus PSSI Periode 2023-2027, Simak Ini Susunan Pengurusnya!

KABARINDO, JAKARTA - Pelantikan kepengurusan PSSI periode 2023-2027 dilakukan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman dan disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, dan sejumlah perwakilan dari federasi cabang olahraga lain, di Hotel Fairmont Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Acara dimulai dengan pembacaan surat keputusan pengukuhan dan pelantikan PSSI masa bakti 2023-2027.

"Dengan menimbang, mengingat, memperhatikan, dan seterusnya, memutuskan menetapkan pertama mengukuhkanPengurus Pusat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) masa bakti 2023-2027 dengan susunan tercantum sebgaimana di dalam lampiran yang tidak terpisah dari surat keputusan ini," bunyi surat keputusan pengukuhan dan pelantikan Pengurus PSSI di bawah nahkoda Erick Thohir.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan sumpah prasetya oleh Ketum KONI, Marciano Norman bersama seluruh jajaran kepengurusan PSSI.

Ketua Umum KONI, Marciano Norman memberikan pataka bendera PSSI kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk dikibarkan dan menjadi spirit bagi Pengurus PSSI yang baru dilantik dan dikukuhkan untuk mengukir prestasi terbaik dan tertinggi di dunia internasional (AG Sofyan )

"Sebelum secara resmi dikukuhkan dan dilantik, saya ingin bertanya apakah saudara bersedia mengucapkan janji prasetya kepengurusan anggota KONI pusat?," tanya Marciano kepada seluruh pengurus PSSI.

"Bersedia!," jawab Pengurus Pusat PSSI kompak.



Setelah pelantikan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku senang dan berharap ini bukan awal atau akhir dari pekerjaan seluruh anggota. Ia juga meminta dukungan kepada seluruh stakeholder untuk sama-sama memajukan sepak bola Indonesia.

Erick juga menyatakan pelantikan kepengurusan inti dan 12 anggota executive committee (Exco) juga menjadi awal dari tanggung jawab yang lebih besar untuk membangun sepakbola dan dunia olahraga nasional semakin profesional.

"Saya berharap pelantikan hari ini bukan langkah awal atau akhir kita kerja. Tetapi dengan segala hormat, dengan segala kerendahan hati seluruh pengurus PSSI yang hadir meminta dukungan ke Menpora, KOI, KONI, dan ketua cabang olahraga (cabor) untuk menciptakan prestasi sebagai tradisi di sepak bola dan berkolaborasi dalam membangun olahraga Indonesia agar makin lantang berbicara di level internasional," ucap Erick yang pernah memiliki saham di Inter Milan, Italia ini.

Dalam kesempatan itu, Erick juga menyebut, tantangan untuk menjaga tradisi prestasi sepakbola Indonesia tidak pernah mudah karena Tim Merah Putih akan tampil di berbagai event dengan kualitas tinggi.

Yakni dari menjadi tuan rumah Piala Asia AFC U-23, kualifikasi Piala Dunia 2026, dan melakoni berbagai laga FIFA Matchday untuk menaikkan peringkat di ranking FIFA.

"Termasuk menghadapi Palestina yang peringkatnya di atas kita. Serta melawan Argentina sebagai ajang uji nyali. Dan di olahraga itu urusannya nyali dan mental. Jika kita tidak pernah lawan yang kuat dan tim-tim besar, maka kita tidak akan pernah maju," tegasnya.

Sedangkan Daftar Susunan Pengurus PSSI 2023-2027 yang Dilantik dan Dikukuhkan adalah:

Ketua Umum
Erick Thohir

Wakil Ketua Umum
Zainudin Amali
Ratu Tisha

Sekretaris Jenderal : Yunus Nusi

 

Anggota Komite Eksekutif (Exco)

Hasnuryadi Sulaiman
Eko Setiawan
Endri Erawan
Juni Rahman
Muhammad
Rudi Yulianto
Sumardji
Vivin Cahyani Sungkono
Pieter Tanuri
Arya Sinulingga
Khaerul Anwar
Ahmad Riyadh.