Konser Dangdut di Tuban Rusuh

Konser Dangdut di Tuban Rusuh

KABARINDO, TUBAN - Konser musik dangdut di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Senin 7 November 2022 diwarnai aksi tawuran antar penonton. Salah satu pemuda yang diduga pemicu tawuran langsung diamankan petugas.

Bahkan, warga nelayan yang tidak terima menyerang mobil petugas yang membawa pemuda berambut pirang itu. Tawuran terjadi saat konser dangdut Adella di Pelabuhan Desa Karang Agung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Pemicu tawuran diduga gesekan antar penonton di dalam dan luar pagar area joget penonton. Minimnya petugas pengamanan konser dangdut dalam rangka sedekah laut itu membuat sulit menghalau ribuan penonton yang datang dari berbagai daerah. Sehingga tawuran yang terjadi sulit dikendalikan dan membuat petugas kocar-kacir.

Dampak dari alunan lagu dangdut yang berjudul Gedang Klutuk itu memicu baku hantam antar penonton di tengah tengah arena joget. Meski adu jotos pertama dapat dilerai petugas, di titik yang lain penonton juga ikut tawuran.

Sehingga petugas yang jumlahnya terbatas itu kewalahan menghalau penonton yang terlibat tawuran. Petugas langsung mengamankan terduga pelaku di atas truk Sabhara Polres Tuban. Meski begitu, pemuda setempat yang tak terima konser dibubarkan karena tawuran dan menyerang mobil petugas.

"Ini diamankan menurut informasi sebagai pemicu tawuran, ini tadi hiburan musik dangdut," ujar Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Chakim Amrullah.

Untuk menghindari kerusahan berlanjut, pemuda asal Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro diamankan petugas ke Mapolres Tuban. Selain itu, pihak keamanan juga mengumpulkan panitia penyelenggara. Foto: Pipiet Wibawanto