KPK Gelar Anti Corruption Film Festival 2022.

KPK Gelar Anti Corruption Film Festival 2022.

KABARINDO, JAKARTA - Film dapat menjadi sarana untuk melawan tindak korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun turut menggelar Anti Corruption Film Festival (ACFEST) 2022.

Wakil Ketua KPK Nurul Gufron mengatakan, dengan adanya film festival tersebut, KPK ingin memberikan edukasi antikorupsi dengan cara berbeda. Ini termasuk dengan menanamkan budaya tersebut ke kalangan Muda-mudi Indonesia.

"KPK berharap dengan serial Acffest ini bagaimana menggugah insan-insan muda supaya memberikan informasi edukasi dan persuasi dari kalangan muda dengan selera sendiri," di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (1/12/2022).

Gufron menjelaskan, budaya antikorupsi tidak hanya menjaring masyarakat dalam satu lini. Namun, melakukan kurikulum antikorupsi dengan lebih menarik dan kreatif.

"Jadi mudah-mudahan, pembudayaan anti korupsi tidak bisa hanya dilakukan dengan menggunakan satu lini, kita melakukan pendidikan anti korupsi melalui kurikulum, melalui Ormas, melalui parpol, itu sudah kami lakukan," katanya.

Menurut Gufron, ada tiga kategori ACCFest ini, pertama, terkait ide proposal, kedua film pendek, dan ketiga film dokumenter.

"Kepada penontonnya (semoga) semakin teredukasi untuk melakukan budaya anti korupsi yang menggunakan sarana film ini," tuturnya.