KPU akan Gelar Rakor dengan 3 Tim Pasangan Capres-Cawapres Hari Ini!

KPU akan Gelar Rakor dengan 3 Tim Pasangan Capres-Cawapres Hari Ini!

KABARINDO, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat koordinasi dengan tiga tim pasangan Capres-Cawapres hari ini, Rabu (6/12/2023). Koordinasi KPU dengan tim peserta pilpres 2024, akan membahas soal format debat Capres-Cawapres.

"Rencana rapat lanjutan Rabu 6 Desember 2024 siang. Nanti kita komunikasikan dengan Tim Paslon," ucap ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan, Selasa (5/12/2023).

Hasyim menambahkan, selain format debat yang akan dibahas pihaknya juga akan membahas soal tema, panelis dan moderator yang akan memimpin debat.

"Rencana pembahasan, format debat, tema debat, panelis, moderator," sambungnya.

Sebelumnya, Hasyim telah mengatakan pelaksanaan debat akan berlangsung selama lima kali. Rinciannya, 3 kali debat capres dan 2 kali cawapres.

"Tetap ada debat cawapres. UU Pemilu menentukan ada lima kali debat. 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Jumat (1/12/2023).

Hasyim menjelaskan debat ini telah disepakati oleh tiga pasang capres-cawapres ketika mengadakan pertemuan dengan KPU. Mereka dipastikan hadir dalam debat tersebut. "Supaya publik makin yakin team work antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," ucapnya.

Dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 Pasal 50 Ayat 1 menyatakan debat capres-cawapres berlangsung dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres. Kendati begitu, ketentuan tersebut masih bisa apabila KPU berkoordinasi dengan DPR RI.

Debat capres-capres berlangsung lima kali dengan tema yang berbeda-beda. Berikut ini jadwalnya:

1. Debat pertama pada Selasa, 12 Desember 2023 bertema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

2. Debat kedua Jumat, 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

3. Debat ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024 bertema Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

4. Debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024 bertema Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.

5. Debat kelima pada Minggu, 4 Februari 2024 bertema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.