Krista Exhibitions Siap Gelar INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024, Diikuti 120 Perusahaan

Krista Exhibitions Siap Gelar INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024, Diikuti 120 Perusahaan

Krista Exhibitions Siap Gelar INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024, Diikuti 120 Perusahaan

Surabaya, Kabarindo- Perkembangan teknologi alat kesehatan di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah dan industri alat kesehatan terus berupaya untuk menghadirkan teknologi medis terkini guna meningkatkan pelayanan medis, sehingga bisa melakukan tindakan preventif untuk penyakit infeksi serta menekan tingkat mortalitas menjadi rendah.

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu pilar utama pembangunan nasional menuju transformasi kesehatan : melesat menuju Indonesia Emas seperti yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Salah satu aspek penting dalam membangun sistem kesehatan Indonesia adalah dengan ketersediaan alat kesehatan yang mutakhir dan terkini, sehingga dapat melakukan diagnosa dan tindakan kuratif yang tepat dan cepat.

Ketersediaan informasi tentang peralatan kesehatan yang tepat guna sangat dibutuhkan. Karena itu Krista Exhibitions bersama Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB) akan menyelenggarakan INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 pada 31 Juli - 2 Agustus 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Ini merupakan pameran internasional ke-14 kali yang akan menampilkan inovasi produk kesehatan secara lengkap, termasuk alat kesehatan yang dibutuhkan oleh unit pelayanan kesehatan di bawah naungan pemerintah maupun swasta. Pameran ini menargetkan dapat menarik 10.000 pengunjung selama tiga hari.

Chief Executive Office Krista Exhibitions, Daud D. Salim, mengatakan INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 akan diikuti oleh 120 perusahaan dengan 10 perusahaan di antaranya adalah UMKM. Pameran akan fokus pada aktivitas Business Matching dan Business Networking yang dirancang untuk mempertemukan para pelaku usaha dan lembaga keuangan dengan akademisi/peneliti (B to Academy), para pelaku usaha dengan end-user (Business to Hospital/Health Care Units) dan para pelaku usaha dengan distributor/importir/supplier. Aktivitas Business Matching mempertemukan para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis dan akan membuka peluang investasi industri dalam negeri.

Ketua Umum GAKESLAB Indonesia, Rd. Kartono Dwidjosewojo, mengungkapkan pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya produksi lokal dan transfer teknologi dalam rangka meningkatkan ketahanan kesehatan, mempromosikan pemerataan akses terhadap obat dan alat kesehatan.

“GAKESLAB Indonesia bersama segenap pelaku industri alat kesehatan dan pemerintah ingin membangun ekosistem yang berkelanjutan dari hulu hingga ke hilir, sehingga dapat bersaing di panggung global. Kami terus mendukung program Kementerian Kesehatan di Pilar ke 3 Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan dengan mengadakan pameran ini yang mengusung tema Forum Nasional Membangun Ekosistem Ketahanan Alat Kesehatan Terintegrasi Dari Hulu Ke Hilir di Indonesia,” ujarnya.

Kartono menjelaskan, kegiatan tersebut membahas berbagai tantangan dalam meningkatkan produksi alat kesehatan lokal dan transfer teknologi, serta memperkuat kolaborasi dengan berbagai pelaku industri alat kesehatan, peneliti, produsen bahan baku, lintas industri, baik kementerian/lembaga, organisasi profesi dan masyarakat agar ekosistem ketahanan alat kesehatan di Indonesia terintegrasi dari hulu ke hilir.

INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 akan diisi dengan berbagai Forum Group Discussion dengan berbagai topik menarik yaitu Membangun Kemandirian dan Resiliensi Nasional di Sektor Industri Alat Kesehatan dari Hulu ke Hilir, Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Primer dan Rujukan di Era Jaminan Kesehatan Nasional dan Akses Terhadap Produk Alat Kesehatan yang Inovatif, Penjaminan Mutu Alat Kesehatan Tahap PreMarket - Post Market, serta Meningkatkan Potensi Kerja Sama Industri Alat kesehatan dalam Mendukung Kemandirian dan Resiliensi National. Juga ada bahasan mengenai penyakit yang menjadi perhatian bagi sistem kesehatan nasional seperti kanker, diabetes, stroke, urologi dan jantung.