Kualifikasi Piala Asia 2023 : Timnas Indonesia Keok 1-0 atas Jordania

Kualifikasi Piala Asia 2023 : Timnas Indonesia Keok 1-0 atas Jordania

KABARINDO, KUWAIT CITY - Laga antara Timnas Indonesia vs Timnas Yordania di matchday kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 , Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- pun  akhirnya harus menelan kekalahan dengan skor tipis 0-1.

Bermain di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB, duel sengit di sepanjang laga.

Namun, Timnas Yordania akhirnya berhasil menjebol gawang Indonesia lewat aksi Yazan Al-Naimat (49’).

Indonesia kesulitan mengimbangi permainan Yordania di awal laga. Pasalnya, Yordania langsung tancap gas sejak menit pertama.

Serangan Yordania pun nyaris membuahkan gol saat laga baru berjalan enam menit. Beruntung Nadeo Argawinata bisa menepis tendangan melengkung Mahmoud Al-Mardi yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Pada menit 11, Yordania kembali mendapatkan peluang emas. Ali Olwan melepaskan tandukan berbahaya yang menyambut crossing Yazan Alarab, tetapi Nadeo lagi-lagi bisa melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang mengarah ke pojok atas kanan gawang.

Setelah itu, barulah Indonesia mulai bisa menikmati pertandingan dan membangun serangan dengan nyaman. Hasilnya, pada menit 20, Dimas Drajad hampir menorehkan gol pembuka lewat tandukannya yang menyambar umpan silang Pratama Arhan tetapi masih belum tepat sasaran.

Dua menit kemudian, skuad Garuda melakukan skema sepak pojok yang apik yang dilakukan Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Sayangnya, tendangan mendatar Saddil Ramdani yang mengakhiri skema itu masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Al-Nashama –julukan Yordania- benar-benar keteteran menghadapi serangan Indonesia sesudah itu. Sisi kanan pertahanan mereka terus dieksploitasi oleh pergerakan Witan dan Arhan.

Namun, usai water break Yordania mulai kembali menemukan bentuk permainan terbaik mereka. Ehsan Haddad pun hampir membawa mereka unggul pada menit 32 jika Nadeo tak sigap menepis tendangannya dari dalam kotak penalti.

Pada menit 42, Saddil melesatkan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola masih mengarah ke Yazeed Abdulaila sehingga bisa ditepis tanpa kesulitan.

Hingga babak pertama usai baik Indonesia dan maupun Yordania masih belum bisa menghasilkan gol pembuka. Alhasil, skor imbang 0-0 tetap bertahaan saat turun minum.

Di awal babak kedua, Timnas Yordania tampil lebih agresif. Mereka pun langsung memiliki sejumlah peluang di awal laga. Salah satunya berbuah gol.

Tepatnya pada menit ke-49, gawang Indonesia harus kebobolan lewat aksi Yazan Al-Naimat. Yazan memanfaatkan umpan ciamik dari Ali Olwan yang pergerakannya gagal dihalau Nadeo. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Timnas Yordania.

Tertinggal satu gol, Timnas Indonesia tak menyerah. Peluang pun didapat skuad Garuda pada menit ke-51. Namun sayang, lemparan bola ciamik dari Pratama Arhan dari sisi kiri gawang gagal disambut dengan baik oleh para pemain Indonesia yang sudah menunggu di depan gawang.

Di menit ke-61, Shin Tae-yong langsung melakukan sejumlah perubahan ke skudanya. Ada 3 pemain yang dimasukkan, yakni Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, dan Stefano Lilipaly.

Yordania mendapat hadiah penalti dari wasit usai Musa Al-Tamaari dilanggar oleh Pratama Arhan di kotak penalti pada menit ke-78. Mohammed Abu Zrayq pun ditunjuk sebagai eksekutor. Namun, Nadeo dengan ciamik menggagalkan tendangannya.

Di sisa waktu, Timnas Indonesia terus mencari celah untuk mencetak gol tambahan. Namun, usaha armada Shin Tae-yong gagal berbuah manis. Skor 0-1 untuk keunggulan Yordania bertahan hingga akhir laga. Foto : PSSI

Susunan pemain Timnas Indonesia vs Timnas Yordania:

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin, Rizky Ridho, Elkan Baggot; Rahmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Dimas Drajad.

Cadangan: Adi Satryo, Syahrul, Alfeandra Dewangga, Edo, Terens Puhiri, Marselino Ferdinand, Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Asnawi Mangkualam, Koko, Syahrial Abimanyu, Rafli.

Timnas Yordania (4-4-2): Yazeed Abdulaila; Yazan Alarab, Abdalallah Nasib, M. Aldmeiri, Ehsan Haddad; Noor Al-Rawabdeh, Baha Abdulrachman, Musa Al-Tamaari, Mahmoud Al-Mardi; Ali Olwan, Yazan Al Naimat.

Cadangan: M. Raed Mahmoud, Malek Samih Shalabiya, M. Ali Hasheesh, Tareq Khattab, Baraa Marei, Ahmed Sameer, Rajaei Ayed, Khalil Baniateyah, Saleh Rateb, Mohammed Abu Zrayq, Munther Abu Amara dan Hamza Al Daradour.