Kumandang Doa untuk Korban Bencana dari Masjid Hagia Sophia

Kumandang Doa untuk Korban Bencana dari Masjid Hagia Sophia

Oleh: Gatot Widakdo dari Istanbul Turki

KABARINDO, ISTANBUL - Suasana duka yang mendalam atas korban bencana gempa di Turki dan Suriah begitu terasa di kota Istanbul. Lantunan ayat suci dan doa jemaah untuk para korban pun berkumandang seusai pelaksanaan sholat jumat pertama pasca bencana di Masjid Hagia Sophia, Jumat (10/2).

“Sangat menyedihkan. Korban begitu banyak termasuk anak-anak. Mereka tertimbun reruntuhan bangunan setelah gempa yang begitu dahsyat. Kami hanya bisa berdoa dan menyampaikan apresiasi kepada pihak yang tergerak membantu,” ujar Levent  Kurklu, warga Istanbul.

Gempa yang terjadi di wilayah Tenggara Turki ini merupakan gempa terbesar sejak tahun 1939,  yang berkekuatan M 7,8 di timur laut Turki, dekat jalur Sesar Anatolia Utara.

Korban tewas akibat gempa bumi ini dilaporkan sudah lebih dari 21.000 orang. Seperti dilansir beberapa media di Istanbul Turki, Jumat (10/2), Wakil Presiden Turki Fuat Oktay dalam pernyataan terbaru menyebut sedikitnya 17.674 orang tewas akibat gempa yang mengguncang pada Senin (6/2) dini hari itu di wilayah Turki.

Jumlah korban luka-luka, sebut Oktay, sejauh ini mencapai 72.879 orang.

Di Suriah, laporan media pemerintah dan organisasi pertahanan sipil Helm Putih menyebut korban tewas bertambah menjadi sedikitnya 3.377 orang.

Angka itu terdiri atas sedikitnya 2.030 orang yang tewas di area-area yang dikuasai pemberontak, tepatnya di wilayah Suriah bagian barat laut, dan 1.347 orang lainnya yang tewas di wilayah-wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah.

Dengan demikian, secara total sedikitnya 21.051 orang tewas akibat gempa bumi kuat itu di Turki dan Suriah. Foto: Gatot Widakdo