Lapangan Latihan Buruk, Shin Tae-yong Serang Panitia SEA Games 2021

Lapangan Latihan Buruk, Shin Tae-yong Serang Panitia SEA Games 2021

KABARINDO, - Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, serang panitia SEA Games 2021. Ia kesal karena lapangan latihan yang didapatkan Timnas Indonesia U-23 selama berada di Vietnam jauh dari kata layak.

Sejak tiba di Vietnam pada Selasa 3 Mei 2022, skuad Garuda Muda ditempatkan di lapangan khusus tim tamu yakni di lapangan Bai Bang, Phu Tho. Sejak awal banyak keluhan yang disampaikan ofisial maupun pemain Timnas Indonesia U-23 terkait lapangan ini.

Mulai dari jaraknya yang terlampau jauh dari venue pertandingan yakni 18 Km, hingga kondisi lapangan yang penuh pasir dan berlubang. Terbaru, ada keluhan lain dari asisten pelatih Nova Arianto terkait ukuran lapangan yang hanya sebesar 80x40 meter dengan lampu seadanya.

Ia juga menyebut faktor itu menghambat persiapan Timnas Indonesia U-23 jelang bertemu tuan rumah Vietnam pada Jumat, (6/5/2022). Ternyata hal yang sama juga diungkapkan Shin Tae-yong dalam story Instagram pribadinya.

Sambil memposting ulang cuplikan video yang menunjukkan buruknya kondisi lapangan, ia menyindir pihak tuan rumah. Apakah ini tanda Timnas Indonesia U-23 sudah dicurangi panitia SEA Games 2021?

 “Turnamen internasional bisa diberikan lapangan seperti ini. Terlalu parah walaupun mereka host. Bukankah harusnya fair dengan memberikan lapangan yang baik?” tulis Shin Tae-yong menggunakan bahasa Indonesia.

Dalam video cuplikan itu berisi seorang fotografer sambil mendeskripsikan lapangan yang terlalu kecil. Di mana garis sepak pojok dengan garis kotak penalti hanya berjarak kurang lebih satu meter.

Tentu ini menjadi penghambat bagi skuad Timnas Indonesia U-23 yang akan menjalani laga perdana. Setelah laga kontra Vietnam, Timnas Indonesia U-23 masih akan berhadapan dengan tiga lawannya di Grup A.

Mereka adalah Timor Leste U-23 (10 Mei 2022), Filipina U-23 (13 Mei 2022), dan Myanmar U-23 (15 Mei 2022). Hanya juara dan runner-up grup yang diizinkan lolos ke semifinal SEA Games 2021.