Lapas Batulicin Resmi Beroperasi, Siap Tampung Napi Lapas Kotabaru yang Penuh Sesak

Lapas Batulicin Resmi Beroperasi, Siap Tampung Napi Lapas Kotabaru yang Penuh Sesak

KABARINDO, BANJARMASIN - Pelaksana tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan Heni Susilo Wardoyo mengatakan beroperasinya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin jadi solusi over kapasitas yang terjadi di Lapas IIA Kotabaru.

"Saya apresiasi kepada Bupati Tanah Bumbu terkait bantuan hibah berupa gedung dan sarpras pendukung serta rencana pembangunan rumah dinas bagi pegawai Lapas Batulicin," kata dia di Banjarmasin, Minggu.

Terima kasih juga disampaikannya kepada DPRD Kabupaten Tanah Bumbu karena mendukung sepenuhnya agar Lapas Batulicin segera bisa dioperasikan.

"Sebagaimana aspirasi masyarakat Tanah Bumbu yang disampaikan ke Dewan, keluarganya yang berada di Lapas Kotabaru tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh hanya untuk melakukan kunjungan," beber Heni.

Menyikapi aspirasi itu pula, Heni mengaku segera melaporkan kesiapan Lapas Batulicin ke Kementerian Hukum dan HAM RI agar bisa diresmikan secepatnya.

"Tentunya yang paling penting ini sebagai upaya untuk penanggulangan over kapasitas di Lapas Kotabaru," jelasnya.

Pembangunan Lapas Kelas III Batulicin sudah memasuki tahapan akhir. Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru Yosef Benjamin Yembise telah ditunjuk sebagai Plt Kalapas Batulicin yang ditugaskan dapat mengakselerasi pengoperasian Lapas secara bertahap.

Nantinya DPRD Tanah Bumbu juga memberikan dukungan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung operasional hingga Lapas bisa beroperasi secara penuh.

Sumber: Antara
Foto: Antara