Lawan Hoaks Kesehatan, Halodoc dan TikTok Hadirkan Konten Edukasi #InfoKesehatan

Lawan Hoaks Kesehatan,  Halodoc dan TikTok Hadirkan Konten Edukasi #InfoKesehatan

KABARINDO, JAKARTA - Sebagai bentuk upaya proaktif melawan hoaks dan disinformasi seputar kesehatan, Halodoc, sebagai platform layanan kesehatan berbasis digital, dan TikTok sebagai destinasi terdepan untuk video berdurasi singkat, berkolaborasi menghadirkan edukasi kesehatan untuk masyarakat bertajuk #InfoKesehatan.

 

Melibatkan interaksi para dokter dan masyarakat luas dalam membahas isu seputar kesehatan, inisiatif #InfoKesehatan diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas dengan lebih efektif, mengingat basis besar pengguna TikTok yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

 

Felicia Kawilarang, Chief Marketing Officer Halodoc mengatakan, “Selain akses layanan kesehatan yang merata, literasi kesehatan masih menjadi tantangan di industri kesehatan yang perlu diatasi dengan kolaborasi berbagai pihak. Kami yakin kolaborasi ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) tepercaya, agar masyarakat senantiasa sehat. Pun kami percaya bahwa di era digital saat ini, platform digital memiliki kekuatan untuk mempercepat edukasi kesehatan bagi masyarakat. Kami optimis bahwa konten edukasi yang dikemas dengan menarik dalam kampanye #InfoKesehatan akan sangat bermanfaat bagi banyak masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.” 

 

Lebih lanjut, TikTok mencatat bahwa kategori edukasi, khususnya sub-kategori Kesehatan (Health & Wellness) telah menunjukkan performa yang baik di sepanjang tahun 2022 dengan tren yang terus meningkat dari tahun sebelumnya. Selain itu, survey topik konten isu hoaks di 2021 dari Katadata Insight Center juga menunjukan isu hoaks kesehatan menempati urutan kedua dengan jumlah 39.7% isu, mengalahkan isu hoaks terkait agama. Oleh karena itu, melalui kampanye #InfoKesehatan, Halodoc dan TikTok akan menghadirkan berbagai konten edukatif seputar kesehatan mulai dari informasi berbagai penyakit, vaksinasi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mental, mitos dan fakta seputar kesehatan, hingga edukasi kesehatan reproduksi. 

 

Adapun konten edukasi dalam kampanye #InfoKesehatan akan diunggah oleh para dokter yang tergabung dalam ekosistem Halodoc ke platform TikTok, dalam bentuk video pendek berdurasi 15-60 detik. Pengguna juga dapat berinteraksi dan menanyakan berbagai pertanyaan seputar kesehatannya secara langsung kepada para dokter tepercaya, dengan memberikan komentar yang nantinya akan dijawab oleh dokter melalui video berikutnya. 

 

Guna meningkatkan partisipasi lebih banyak masyarakat, Halodoc dan TikTok akan memberikan hadiah berupa uang tunai untuk 20 orang pengguna yang memiliki komentar dengan likes paling banyak di konten edukasi #InfoKesehatan, masing-masing senilai Rp500.000,-. Adapun pemenang akan diumumkan pada 29 Juli 2022 melalui Push Notifications di masing-masing akun TikTok pemenang.