Lembaga LSN: Prabowo Subianto Unggul di 6 Provinsi

Lembaga LSN: Prabowo Subianto Unggul di 6 Provinsi

KABARINDO, JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) memotret peta kekuatan elektoral Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di masing-masing Provinsi di Indonesia. Setidaknya, ada 9 Provinsi besar yang menjadi tolak ukur kekuatan ketiga Bacapres tersebut.

Direktur Eksekutif LSN, Gema N. Bakry menyampaikan hasil survei di Sumatera Utara, elektabilitas Prabowo Subianto berada di peringkat pertama dengan angka sebesar 42,5%. Disusul, Ganjar sebesar 40,6% dan Anies 13,2%.

"Di Sumatera Selatan, Prabowo Subianto unggul atas Ganjar dan Anies lumayan signifikan. Sebanyak 38,5% spontan menyebut nama Prabowo, 28,7% memilih Ganjar dan 24,3% memilih Anies," kata Gema dalam rilis surveinya secara daring, Minggu (11/6/2023).

Di Provinsi Lampung, Ganjar Pranowo unggul atas Prabowo dan Anies. Sebanyak 40,2% memilih Ganjar, 35,4% memilih Prabowo dan 15,5% memilih Anies.

Sementara, di Provinsi Banten, keunggulan Prabowo atas Ganjar dan Anies cukup absolut. Sebanyak 57,3% memilih Prabowo, 19,8% memilih Ganjar dan 19,2% memilih Anies.

"Sedangkan DKI Jakarta merupakan satu-satunya Provinsi yang lepas dari dominasi Prabowo maupun Ganjar. Elektabilitas Anies mencapai 40,3%, sedangkan Ganjar 27,5% dan Prabowo 27,1%," ujarnya.

Kemudian di Jawa Barat, Prabowo unggul mutlak atas Ganjar dan Anies. Ketua Umum Gerindra itu memperoleh elektabilitas sebesar 53,2%, disusul Anies 22,5% dan Ganjar 20,4%.

Hasil survei LSN menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo unggul di Jawa Tengah. Di Provinsi ini PDIP sebagai partai yang membesarkan namanya memang diakui selalu merajalela. Sehingga, hampir pasti dominasi Ganjar tak tergoyahkan oleh Prabowo dan Anies.

"Di daerah yang sering dijuluki kandang banteng itu elektabilitas Ganjar mencapai 58,6%. Unggul jauh dari Prabowo 25,3% dan Anies 12,8%," tuturnya.

Sedangkan, di Provinsi Jawa Timur menunjukkan persaingan yang sangat ketat antara Prabowo dan Ganjar. Sebanyak 41,2% responden memilih Prabowo dan 40,8% memilih Ganjar. Sementara, elektabilitas Anies hanya sebesar 13,3%.

"Terakhir di Sulawesi Selatan, Prabowo memimpin dengan elektabilitas 35,6%. Disusul oleh Ganjar dengan elektabilitas 30,2% dan Anies 26,5%," pungkasnya.