Liga 1 Musim 2022/2023 Resmi Berakhir, Berikut Daftar Penghargaan Pemenang Individu!

Liga 1 Musim 2022/2023 Resmi Berakhir, Berikut Daftar Penghargaan Pemenang Individu!

KABARIBDO, PAREPARE - Liga 1 2022-2023 telah resmi berakhir pada hari ini, Minggu (16/4/2023) dengan PSM Makassar dipastikan menjadi juaranya. Selain itu, ada juga pengumuman pemenang penghargaan individu yang diberikan kepada para pemain, pelatih, dan wasit yang tampil luar biasa di musim ini.

Seperti halnya gelandang PSM, Willem Jan Pluim dipastikan keluar sebagai pemain terbaik di Liga 1 2022-2023. Pengumuman itu disampaikan dalam perayaan gelar juara PSM usai tampil melawan Borneo FC di Stadion Gelora BJ Habibie.

Willem Jan Pluim keluar sebagai pemain terbaik setelah mengantar PSM Makassar juara kompetisi. Pemain asal Belanda itu juga sukses mencatatkan 11 gol dan 10 assist pada musim ini.

Pluim mengalahkan tiga nominasi lainnya, yakni Stetano Lilipaly (Borneo FC), Marc Klok (Persib Bandung), dan Ondrej Kudela (Persija Jakarta).

Sementara itu, bek Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi sukses menjadi pemain muda terbaik musim ini. Di usia yang baru 21 tahun, Rio mampu mengantar Macan Kemayoran -julukan Persija Jakarta- keluar sebagai runner up Liga 1 2022-2023. Dia juga mencatatkan satu gol dan dua assist pada musim ini.

Masuk ke podium penghargaan lainnya, Bernardo Tavares sukses menjadi pelatih terbaik musim ini. Tavares mendapati itu setelah mengantar PSM Makassar mengakhiri puasa gelar 23 tahun.

Dari 34 pertandingan, Tavares membawa Juku Eja -julukan PSM Makassar- menang 22 kali, sembilan kali imbang, dan hanya kalah tiga kali. Pencapaian ini tentu sangatlah manis.

Kemudian, ada penyerang Borneo FC, Matheus Pato yang berhasil menjadi topskor dengan 25 gol pada musim ini. Selain itu, Pato juga berhasil memenangkan kategori gol terbaik pada musim ini.

Pato mendapati penghargaan itu lewat gol indahnya saat Borneo FC berhadspan berhadapan dengan Bali United di pekan ke-32. Demikianlah podium penghargaan Liga 1 2022-2023.

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Liga 1 2022-2023,

Wasit terbaik: Bangbang Syamsudar

Tim Fairplay: Bhayangkara FC

Gol Terbaik: Matheus Pato (Borneo FC vs Bali United)

Pelatih Terbaik: Bernardo Tavares (PSM Makassar)

Top Skor: Matheus Pato (PSM Makassar)

Pemain Muda Terbaik: Ilham Rio Fahmi (Persija Jakarta)

Pemain Terbaik: Willem Jan ais Pluim (PSM Makassar)

Tim Juara: PSM Makassar