Luhut Berharap Lulusan Apple Academy Bisa Dorong Percepatan Transformasi Digital Indonesia

Luhut Berharap Lulusan Apple Academy Bisa Dorong Percepatan Transformasi Digital Indonesia

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia sejalan dengan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sekarang program peningkatan sumber daya manusia menjadi salah satu program utama pemerintah. Kami ingin banyak UMKM atau generasi muda berperan lebih besar dalam kegiatan tersebut, termasuk mendirikan perusahaan startup,” kata Menteri Luhut Rabu (15/12/2021).

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara wisuda yang digelar secara virtual untuk 400 siswa di Apple Developer Academy Indonesia, Selasa (14/12/2021).

Luhut menilai kehadiran Apple Developer Academy di Jakarta, Surabaya, dan Batam sudah tepat dan signifikan, karena berkontribusi dalam memberikan akses yang setara bagi masyarakat melalui transformasi digital.

Baca Juga: Sinovac Diberikan untuk Anak-anak, Remaja dan Dewasa Diminta Pakai Vaksin Jenis Lain

Alumni Apple Developer Academy di Indonesia yang mencapai lebih dari 1.200 orang telah terserap langsung ke berbagai industri, termasuk mendirikan startup-nya.

Oleh karena itu, Luhut mengajak 400 lulusan Apple Developer Academy pada tahun 2021 untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan memanfaatkan momentum ini untuk terus mengembangkan kompetensi digitalnya di tingkat global, ungkapnya.

Lebih lanjut Luhut mengingatkan, berbagai pihak baik UMKM maupun industri harus memanfaatkan sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan setiap tahunnya oleh program Apple Developer Academy. Supaya bisa mendukung percepatan transformasi digital di seluruh Indonesia.

“Perkembangan di Indonesia di sektor hilir berkembang sangat pesat, sehingga industri ini pasti dibutuhkan. Misalnya industri baru yang sedang dibangun sekarang di Kalimantan Utara memiliki cakupan yang sangat besar, dengan nilai investasi lebih dari 180 miliar dolar AS. ," kata Luhut.

Luhut juga mengimbau para lulusan Apple Academy untuk mempersiapkan diri menjadi bagian dari pembangunan ekonomi Indonesia.

“Anda akan dibutuhkan di sana, jadi persiapkan diri Anda untuk menjadi bagian dari pembangunan ekonomi di Indonesia,” tegasnya.

Adapun transformasi digital Indonesia berfokus pada 10 sektor prioritas untuk mempercepat realisasi infrastruktur digital, pemerintah, ekonomi, dan masyarakat, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sebelumnya.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara