Lulusan Horizon Karawang Siap Buru Peluang Kerja Global Lewat Jaringan Internasional

Lulusan Horizon Karawang Siap Buru Peluang Kerja Global Lewat Jaringan Internasional

KABARINDO, KARAWANG - STIKes dan STMIK Horizon Karawang bukan hanya merupakan rebranding dari STIkes dan STMIK Kharisma. Namun kedua institusi pendidikan bereputasi pendidikan berkualitas tersebut diakuisisi oleh Yayasan Triputra Persada Horizon Education yang dibentuk oleh dua perusahaan besar dan bereputasi tinggi, Triputra Group dan Persada Capital Investama yang hadir di Jawa Barat lewat perusahaan-perusahaan seperti Daya Group, Paco Group dan Dharma Group dengan misi untuk membuat kehidupan yang lebih baik lewat pendidikan, membentuk manusia Indonesia yang global dan menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah di kancah persaingan global.

Lalu bagaimana mewujudkan hal tersebut? Agar lulusannya dapat bersaing di kancah global, STIKes dan STMIK Horizon Karawang mau tidak mau harus memiliki atmosfir yang global pula. Untuk itu Horizon Karawang ditangani oleh mitra internasional, PHINMA Education dari Filipina. PHINMA Education adalah 
sebuah jaringan institusi pendidikan terbesar dan memiliki pertumbuhan tercepat di Filipina. Bahkan juga telah melebarkan sayap ke Myanmar dan Indonesia.
Hingga kini PHINMA Education telah memiliki jaringan 10 kampus di Filipina yaitu PHINMA Araullo University (AU), PHINMA University of Pangasinan (UPang), PHINMA Saint Jude College (SJC), PHINMA Republican College (RC), PHINMA Rizal College of Laguna (RCL), PHINMA Union College of Laguna (UCL), PHINMA Araullo University (AU), PHINMA University of Iloilo (UI), Southwestern University (SWU) dan PHINMA Cagayan de Oro College (COC).
Secara total, PHINMA Education memiliki mahasiswa sejumlah lebih dari 120 ribu orang di Filipina dan Indonesia. Keuntungan dari hal tersebut adalah dengan kampus jaringan yang tersebar secara regional, maka nuansa multinasional dalam pendidikan di Horizon Karawang dapat langsung dirasakan. Selain itu dapat bertukar pikiran dan pengalaman dengan rekan-rekannya di Filipina.

Misalnya saja bagi mahasiswa STIKes Horizon Karawang yang menyediakan program studi D3 Kebidanan, D3 dan S1 Keperawatan serta Profesi Ners dapat berkolaborasi dengan para mahasiswa PHINMA Southwestern University yang berlokasi di Cebu City, Filipina Tengah. PHINMA Southwestern University adalah kampus yang sangat terkenal dalam program studi kesehatan termasuk satu program studi kedokteran internasional yang berhasil menarik mahasiswa dari seluruh Asia seperti India, Kenya, Nepal, Papua Nugini dan Amerika Serikat. 

Tidak hanya di STIKes Horizon, di STMIK Horizon Karawang yang memiliki program studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi, kemitraan dengan kampus jaringan di Filipina juga dirasakan membawa dampak positif. 
“Mahasiswa kita nantinya akan terbiasa untuk berkolaborasi bukan hanya di tingkat lokal Karawang, namun juga internasional. Juga terbiasa menguji atau beradu kemampuan dalam kompetisi dengan mahasiswa dari negara lain,” papar Rolles Herwin, S.Kom, MMSI, Ketua STMIK Horizon Karawang.
Dengan demikian setelah para lulusannya juga akan siap mengisi pasar kerja global di luar negeri atau bekerja di perusahaan multinasional yang beroperasi di dalam negeri. Para lulusan Horizon Karawang tidak akan canggung dlam bekerja dan berkomunikasi sebab bahasa Inggris telah menjadi kesatuan dalam kurikulum lewat program GWEP (Global Workplace English Program). 

Menariknya lagi, dengan segala keunggulan dari sisi reputasi, kurikulum, dan memiliki kampus jaringan di luar negeri, Horizon Karawang menawarkan biaya yang terjangkau. Misalnya beasiswa 50% untuk STMIK Horizon Karawang  hingga lulus dan beasiswa 30% hingga lulus untuk STIKes Horizon Karawang lewat beasiswa Keluarga Horizon