Malam Ini, Jadwal Timnas Indonesia Kontra Filipina di Stadion Rizal Memorial

Malam Ini,  Jadwal Timnas Indonesia Kontra Filipina di Stadion Rizal Memorial

KABARINDO, JAKARTA - Hari ini, lanjutan  Piala AFF 2022,  akan mempertandingkan Tim Nasional  (Timnas) Indonesia  kontra Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023) dengan kick-off pada pukul 19.30 WIB.

Ini adalah penentuan bagi skuad Garuda – julukan Timnas Indonesia – untuk memastikan kelolosan ke semifinal Piala AFF 2022. Pada saat ini, mereka berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A di belakang Thailand.

Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi tujuh poin dari tiga laga. Sedangkan satu tim lain yang masih bisa lolos ke semifinal adalah Kamboja, dengan koleksi enam poin.

Dengan situasi ini, maka Indonesia akan lolos dengan hanya sebuah hasil imbang. Namun demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong tentu ingin mengklaim tempat sebagai juara Grup A.

Predikat juara grup sangatlah penting mengingat itu akan menentukan lawan Indonesia di semifinal. Jika menjadi runner-up, maka Indonesia kemungkinan akan dipertemukan dengan Vietnam.

Sedangkan jika sukses mengklaim status juara grup, maka Witan Sulaeman dan kolega kemungkinan akan bertemu salah satu di antara Malaysia atau Singapura. Di atas kertas, bertemu kedua tim tersebut akan lebih baik ketimbang Vietnam, yang bisa sangat merepotkan.

Alasan lain Indonesia bisa menang besar atas Filipina adalah karena tim lawan sudah tersingkir. Ya, setelah hanya mengumpulkan tiga poin dari tiga laga, Filipina dipastikan tidak bisa memperebutkan tiket lolos ke semifinal.

Sementara itu pada saat bersamaan, Thailand dan Kamboja akan saling bunuh di Stadion Thammasat. Mereka pun bermain pada waktu yang berbarengan dengan Timnas Indonesia vs Filipina, yaitu mulai pukul 19.30 WIB.

Thailand juga hanya memerlukan sebuah poin untuk lolos di sini. Sedangkan Kamboja diwajibkan untuk menang untuk meraih kelolosan.

Gajah Perang – julukan Timnas Thailand – tentu menjadi unggulan dalam laga ini, terutama mengingat status mereka sebagai juara bertahan. Namun Angkor Warriors – julukan Timnas Kamboja – juga telah membuktikan bahwa mereka tidak mudah dikalahkan.

Kamboja sukses mengalahkan Filipina 3-2 dan Brunei Darussalam 5-1. Mereka pun merepotkan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) meskipun akhirnya kalah 1-2. Oleh karena itu, pertandingan antara Thailand vs Kamboja diperkirakan akan sengit.

Foto: PSSI