Manchester City Bungkam Leeds United dengan Skor 2-1

Manchester City Bungkam Leeds United dengan Skor 2-1

KABARINDO, MANCHESTER - MANCHESTER City bungkam Leeds United 2-1 di Liga Inggris 2022-2023, Sabtu 6 Mei 2023 malam WIB. Namun, striker Manchester City, Erling Haaland malah kena marah Josep Guardiola. Lantas, apa yang membuat juru taktik asal Spanyol itu kesal?

Sekadar informasi, Manchester City sempat mendapat hadiah penalti di babak kedua dari wasit di laga kontra Leeds United. Erling Haaland seharusnya yang mendapat tugas menjadi algojo penalti tersebut.

Namun, Ilkay Gundogan malah memutuskan sendiri untuk mengambil penalti tersebut. Alih-alih mencetak gol tambahan, pemain berkebangsaan Jerman itu gagal menuntaskan tugasnya.

Setelah Ilkay Gundogan gagal mengeksekusi penalti, Pep Guardiola tampak geram. Meski demikian, ia tak terlihat emosi saat konferensi pers pasca pertandingan.

“Permainan belum berakhir saat itu," kata Pep Guardiola dikutip dari BBC Internasional, Minggu (7/5/2023).

"Ini menunjukkan betapa bagus dan dermawannya Erling. Jika 4-0 dengan 10 menit tersisa, itu oke-oke saja buat saya,” timpalnya.

“Tapi saat skor 2-0? Skor 2-0, terutama di Inggris, bukan akhir pertandingan. Erling adalah penendang penalti terbaik saat ini, jadi dia seharusnya yang mengambilnya,” tegas Pep Guardiola.

Lebih lanjut, Pep Guardiola memahami Ilkay Gundogan adalah kapten Manchester City. Namun, ia menyayangkan, Erling Haaland malah tak menjalani tugasnya sebagai penendang penalti utama untuk Manchester City.

“Saya mengagumi Gundogan, dia menginginkan tanggung jawab untuk mengambil penalti. Tetapi biasanya Erling (Haaland) yang harus mengambilnya, karena dia adalah spesialis kami,” timpalnya.

Terlepas dari itu, Manchester City bisa mengamankan tiga angka di Etihad Stadium. Gol kemenangan Manchester City dicetak oleh brace Ilkay Gundogan (19’ dan 27’). Sedangkan Leeds United hanya bisa membalas satu gol lewat Rordrigo Moreno (85’).

Tambahan tiga angka itu, membuat Manchester City kukuh di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023 dengan koleksi 82 poin dari 34 pertandingan. The Citizens (julukan Manchester City) berjarak empat angka dari Arsenal, yang ada di posisi kedua. Foto: Reuters