Mandalika Punya Potensi Menggelar Banyak Balapan

Mandalika Punya Potensi Menggelar Banyak Balapan

 

KABARINDO, JAKARTA - Level nasional Rifat Sungkar menilai, Sikruit Pertamina Mandalika memilik potensi yang cukup besar untuk menggelar banyak balapan internasional lainnya setelah MotoGP. Pria berusia 43 tahun ini pun mengaku bangga Indonesia bisa kembali menggelar MotoGP pada 20 Maret 2022 nanti.

“Hadirnya MotoGP di Sirkuit Mandalika membuka peluang untuk Indonesia menjadi tuan rumah balapan internasional, termasuk reli. Sebab, area Sirkuit Mandalika masih banyak spot yang bisa digunakan untuk membangun fasilitas lainnya,” kata Rifat di Jakarta, Selasa (1/3).

"Dari 1.200 hektar, baru kurang dari 100 hektar yang digunakan. Area di sirkuit Mandalika kalau dibikin seperti Monza Rally Festival itu juga bisa," kata Rifat Sungkar lagi.

Rifat juga mengatakan kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah 25 tahun membuktikan bahwa dunia balap bisa menjadi magnet besar untuk memperkenalkan keindahan Indonesia di mata dunia.

"Awalnya, semua orang masih meremehkan, tepatnya dua tahun lalu, mereka meremehkan bahwa sirkuit ini pasti tidak akan jadi. Tapi bisa dilihat kita bisa menyelesaikannya," ujar Rifat menambahkan.

Rifat sendiri telah menjajal lintasan sirkuit Mandalika seusai test pra musim MotoGP pada minggu kedua bulan Februari lalu. Rifat merasa kagum dengan karakter lintasan yang disuguhkan sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang trek 4,3 km dengan 17 tikungan yang bakal menjadi tantangan bagi para pembalap. Komposisi ke-17 tikungan tersebut meliputi 11 tikungan mengarah ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Sirkuit ini juga memiliki fasilitas garasi sebanyak 50 unit.

“Saya mengajak semua masyarakat Indonesia untuk sama-sama menyukseskan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Menjadi tuan rumah ajang besar sekelas MotoGP adalah suatu kebanggaan,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat menyambut gelaran MotoGP di Indonesia sudah terlihat dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, untuk masyarakat ibu kota kini bisa merasakan atmosfer seperti di Mandalika dengan adanya Mandalika GP Hub di Oval Atrium Epicentrum, Jakarta.

Lokasi ini hadir berkat kolaborasi dengan PT Pertamina, PT ITDC dan MGPA yang ingin menghadirkan gelora suksesnya pelaksanaan balapan MotoGP dengan informasi terbaru hingga balapan pada 18-20 Maret mendatang.

Dalam tiga pekan ke depan di Hub Mandalika akan digelar talkshow dengan menghadirkan sejumlah narasumber kompeten di ranah motosport. Tempat ini terbuka untuk public, namun diatur dengan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Di lokasi ini, masyarakat umum dapat melihat dari dekat salah satu unit electric safety car BMW yang akan digunakan di Mandalika dan mencoba simulator motor balap. Selain itu ada pula kompetisi mobil balap mini Tamiya atau Mini 4WD dan beberapa booth yang menyediakan giveaway menarik.

Selain itu, masyarakat juga bisa membeli tiket menonton MotoGP Grand Prix of Indonesia di Mandalika GP Hub tersebut. Penjualan tiket terbagi dalam lima kelas, yakni Premier Class (900 tiket), Deluxe Class (2.000), Festival General Admission (10.000, Standard Grand Stand (28.578) dan Premium Grandstand (22.056). Pembelian tiket juga dapat dilakukan secara online melalui https://linktr.ee/themandalikagp.