Mario Dandy Dipindah dari Rutan Cipinang ke Lapas Salemba

Mario Dandy Dipindah dari Rutan Cipinang ke Lapas Salemba

KABARINDO, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menginformasikan bahwa pelaku penganiayaan terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo (MDS) dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta.

"Mario Dandy pada sore hari ini, 30 Mei 2023 telah dipindahkan bersama 19 warga binaan lain ke Lapas Salemba," kata Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti saat dikonfirmasi, Selasa (30/5/2023).

Mario Dandy bersama dengan 19 warga binaan lainnya dipindah ke Lapas Salemba sejak sore tadi. Rika menjelaskan, Mario Dandy langsung dilakukan proses administratif, di antaranya pengecekan berkas dan kesehatan saat tiba di Lapas Salemba.

Mario Dandy langsung ditempatkan di sel masa pengenalan lingkungan (mapenaling) bersama warga binaan yang baru dipindah lainnya. Alasannya pemindahan Mario Dandy ke Lapas Salemba, kata Rika, karena Rutan Cipinang overcrowded.

"Pemindahan dilakukan berdasarkan pertimbangan kantor wilayah Kemenkumham Jakarta sebagai bagian dari deteksi dini serta karena kondisi rutan Cipinang yang sangat overcrowding hampir 300 %. Saat ini Rutan Cipinang berisi 3.451 orang," bebernya.

Rika menambahkan, para warga binaan lain di Rutan Cipinang selanjutnya juga akan dipindahkan ke Lapas di Jabodetabek secara bertahap. Ia memastikan bahwa pemindahan Mario Dandy ke Lapas Salemba tanpa perlakuan istimewa.

"Penerapan aturan dan pemberian hak diberlakukan sama, tidak ada yang diistimewakan," pungkasnya.

Sebelumnya, sempat beredar isu perlakuan istimewa terhadap Mario Dandy Satriyo di Rutan Cipinang. Isu tersebut pertama kali dimunculkan oleh pemilik akun Twitter @logikapolitikid. Pemilik akun tersebut menyebut bahwa Mario Dandy langsung dimasukkan ke blok khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tanpa melalui blok penampungan.

 

Nah ini saktinya si Mario Anak Raja Selatan, dia ini langsung dimasukkan ke blok Tipikor enggak pake masuk blok penampungan dulu, sekarang dia 1 blok sama bos-bos Tipikor kek bos kasus... (nanti gue bahas di ending), si Mario langsung dapat kamar sendiri di blok Tipikor, enak kan," demikian dikutip dari akun Twitter @logikapolitikid.

"Yang jelas, Koordinator KAM dan anggota-anggota petugas KAM cair gede lah dengan masuknya si MD apalagi dia langsung dapat kamar di blok Tipikor. Masi mau Percaya Bokapnya udah gak punya duit buat makan? Sedangkan biaya bisa masuk blok itu harganya Se-anj*ng!," sambungnya.

Ditjenpas langsung membantah adanya perlakuan istimewa terhadap Mario Dandy di Rutan Cipinang. Ditjenpas mengklaim bahwa penempatan Mario Dandy di Rutan Cipinang sudah sesuai prosedur.