Matahari Department Store Membantah Adanya Dugaan Jutaan Data Bocor dan Dijual di RaidForums

Matahari Department Store Membantah Adanya Dugaan Jutaan Data Bocor dan Dijual di RaidForums

KABARINDO, JAKARTA - PT Matahari Department Store Tbk membantah tudingan jutaan data pengguna platform miliknya yakni Matahari.com, bocor dan dijual di RaidForums.

RaidForums merupakan salah satu situs yang sering digunakan oleh peretas untuk menjual data hasil retasannya. Di Indonesia sendiri, RaidForums (RF) sebenarnya sudah diblokir oleh pemerintah. Namun meskipun begitu, RF tetap bisa diakses dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Corporate Secretary Matahari Dept Store, Miranti Hadisusilo dengan tegas membantah kabar miring tersebut.

“Kami telah memeriksa secara internal, berdasarkan penyelidikan menyeluruh, kami tidka menemukan adanya kebocoran data pelanggan Matahari.com,” kata Miranti dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (1/2).

Lebih lanjut, Miranti mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan dengan mencocokkan sampel data yang dimiliki dengan situs tersebut. Namun, pihaknya tidak menemukan kecocokan. Jjumlah data yang bocor dan dijual di situs tersebut tidak sesuai dengan data yang dimiliki oleh PT Matahari Department Store Tbk.

“Kami tidak memiliki 46 juta pengguna di database kami. Kami juga telah memeriksa sampel data yang diberikan pada tautan online dan data tersebut tidak cocok dengan data yang kami simpan,” ucapnya.

“Kami juga telah memeriksa penggunaan jaringan dan tidak ada lalu lintas abnormal pada 31 Januari 2022,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Miranti menjelaskan jika pihaknya selama ini juga tidak menerima keluhan atau aduan pelanggaran dari pelanggan Matahari Department Store. Ia pun berjanji akan melindungi semua data pelanggan.

“Tidak ada penyedia layanan kami yang melaporkan pelanggaran dan perlindungan serta pemantauan yang kuat telah diterapkan. Kami menjamin kepada pelanggan setia kami bahwa mereka tidak memiliki alasan untuk khawatir,” ucapnya.

Sebelumnya, diduga puluhan data pengguna Matahari.com bocor dan dijual di situs RaidForums. Diduga jutaan data pengguna Matahari.com dijual oleh member RF dengan nama akun mstpce yang baru saja bergabung dengan RF pada Januari 2022.

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: RaidForum