Max Verstappen Bakal Pakai Nomor Keramat yang Sudah 7 Tahun Menghilang di Pentas F1

Max Verstappen Bakal Pakai Nomor Keramat yang Sudah 7 Tahun Menghilang di Pentas F1

KABARINDO, ABU DHABI - Dalam ajang balap Formula 1 (F1), ada regulasi yang mengatur pemberian hak memakai nomor mobil #1 untuk juara dunia dari musim sebelumnya.

Tradisi ini mengalami sedikit pergeseran mulai musim 2014 saat FIA mulai membebaskan pembalap memilih nomor mobil masing-masing, meski nomor #1 tetap disediakan khusus untuk sang juara dunia.

Pada musim 2014, hak istimewa tersebut dimanfaatkan oleh Sebastian Vettel yang menyandang status juara dunia musim sebelumnya bersama Red Bull Racing.

Setelah itu, nomor mobil #1 dalam kompetisi F1 justru menghilang dari peredaran karena dua alasan yang berbeda. 

Baca Juga: Max Verstappen Jadi Juara Dunia F1 Termuda Keempat Sepanjang Sejarah

Lewis Hamilton yang jadi juara dunia F1 musim 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2020 bersama Mercedes memilih untuk tetap memakai nomor 44 miliknya.

Sedangkan Nico Rosberg yang memenangi F1 2016 tak berkesempatan memakai nomor mobil #1 karena memutuskan pensiun beberapa hari setelah memastikan gelar juara dunianya tersebut.

Dengan kata lain, nomor mobil #1 sudah absen menghiasai kompetisi balap jet darat selama tujuh tahun. Akan tetapi, nomor keramat itu bakal kembali pada F1 2022 berkat Max Verstappen.

Max Verstappen yang jadi juara dunia F1 2021 mengaku tak akan menyia-nyiakan kesempatan langka untuk menggunakan hak memakai nomor mobil #1 pada musim depan. 

"Saya akan membalap dengan nomor itu (#1). Berapa kali Anda bisa melakukannya? Entahlah, mungkin ini satu-satunya kesempatan dalam hidup saya," kata Max Verstappen.

"Saya pikir, itu (#1) merupakan nomor terbaik di luar sana. Tentu saja saya akan memakainya di mobil saya (pada F1 2022)," ujar pembalap yang sejak debut di F1 2015 selalu menggunakan nomor 33 itu.

Sumber Berita: Motorsport.com
Foto: twitter.com/redbullracing dan twitter.com/HondaRacingF1