Mengenal 3 Jenis Tribune Penonton di Sirkuit Mandalika, Ada Apa Saja?

Mengenal 3 Jenis Tribune Penonton di Sirkuit Mandalika, Ada Apa Saja?

KABARINDO, MANDALIKA - Ajang pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022 pun telah berakhir. Sirkuit Mandalika memiliki waktu untuk melakukan pesiapan sebelum MotoGP Mandalika 2022 digelar.

Penyelenggara pun telah menyiapkan tiga jenis tribune penonton di Sirkuit Mandalika, antara lain tribune penonton biasa, tribune hospitality suites VIP village, dan royal box.

Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung pada 18-20 Maret mendatang. Sirkuit Mandalika itu sendiri terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), telah mempublikasikan keterangan dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC pada Rabu (16/2/2022). ITDC menyebutkan sebentar lagi akan menyelesaikan pembangunan yang berkaitan dengan pengelolaan balapan dan penonton. Race control atau pusat pengendalian balapan pada sirkuit akan selesai dibangun.

“Kami juga menyiapkan tribune-tribune penonton,’ ucap Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer.

Di Sirkuit Mandalika ada tiga tribune, pertama, tribune penonton biasa dengan kapasitas 50.000 penonton. Kedua, tribune hospitality suites VIP village yang merupakan tempat eksklusif untuk tamu istimewa.

“Kapasitasnya hingga 2.400 penonton,” Abdulbar M Mansoer.

VIP village juga memiliki kelebihan yakni parkir VIP eksklusif, ruangan ber-AC, bar, lokasi Food & Beverages (F&B), berikut tribune eksklusif.

Ketiga adalah royal box yang biasa dikenal sebagai VIP premiere class. Royal box ini merupakan tribune kelas tertinggi untuk pnonton penting seperti presiden, Menteri, VIP swasta, serta VIP sponsor.

“Kami memastikan seluruh fasilitas pendukung sirkuit ini siap digunakan pada Maret mendatang,” ucap Abdulbar M Mansoer.

Sebelumnya, pada Senin (14/2), Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto membeberkan hasil evaluasi pramusim. Rapat koordinasi tersebut berlangsung di Mataram, ibu kota Provinsi NTB.

“Saya minta ada panduan informasi untuk menonton MotoGP Mandalika 2022,” tutur Hadi.

Ia menyebutkan panduan informasi itu berbentuk brosur atau buku saku yang berisi peta dan tata letak Sirkuit Mandalika. Dalam panduan itu juga harus dilengkapi dengan penjelasan keberadaan lima koridor masuk menuju kawasan Sirkuit Mandilika, lengkap dengan sata lokasi fasilitas umum.

“Fasilitas umum itu meliputi pusat kesehatan, sarana akomodasi, penginapan, dan transportasi,” tutur Hadi.

Menurut Hadi dengan adanya panduan lengkap dalam brosur atau buku saku akan sangat bermanfaat bagi penonton. Selain memberikan kemudahan, nantinya juga akan memudahkan untuk penataan kendaraan yang masuk dan keluar di kawasan Sirkuit Mandalika. Dengan itu, personel lapangan pun juga akan mendapatkan kemudahan untuk mengatur pergerakan penonton maupun kendaraan.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19, panduan itu juga harus tertera mengenai protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan Covid-19. Harus ada juga penjelasan berkenaan dengan perjalanan gelembung (travel bubble).

“Panduan lengkap seperti itu bisa diberikan penyelenggara kepada kru maupun para pembalap MotoGP,” pungkas Hadi Tjahjanto.

Sumber: Kompas.com

Foto: MotoGP, CNNIndonesia