Menko Airlangga Berharap Presidensi G20 Tingkatkan Kepercayaan Investor Global

Menko Airlangga Berharap Presidensi G20 Tingkatkan Kepercayaan Investor Global

KABARINDO, JAKARTA - Presidensi G20 dinilai oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dapat meningkatkan kepercayaan investor global untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Secara ekonomi, hal ini akan mendorong kepercayaan dari investor global untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Menko Airlangga Hartarto, Minggu (19/12/2021).

Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia berpotensi meningkatkan konsumsi domestik dalam negeri hingga Rp1,7 triliun, penambahan PDB yang diperkirakan mencapai Rp7,47 triliun, serta pelibatan tenaga kerja sekitar 33 ribu pekerja di berbagai sektor industri.

Selain itu, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa dalam Presidensi G20 Indonesia bisa menyatukan keberagaman yang ada di forum.

Baca Juga: Barack Obama Membagi Daftar Musik, Film, dan Buku Favoritnya Selama 2021

Dengan falsafah musyawarah dan mufakat, Indonesia diharapkan bisa menjembatani keberagaman berbagai negara.
“Indonesia dan masyarakat dunia sedang menunggu Presidensi G20 Indonesia untuk mengambil kebijakan yang berwawasan ke depan, bersifat inklusif dan langkah-langkah yang konkret di luar narasi-narasi politik,” ujar Menko Airlangga.

Menko Airlangga juga mengungkap bahwa  Presiden Joko Widodo ingin G20 dijadikan sebagai platform kerja sama ekonomi dengan tiga sektor penting untuk saat ini.

Adapun tiga sektor itu antara lain arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi melalui digitalisasi, dan transisi menuju energi yang berkelanjutan.

“Kita merasakan manfaat teknologi digital di berbagai sektor dan tentunya kita akan terus mendorong sektor-sektor yang dapat menjadi mesin-mesin pertumbuhan baru sebagai nilai dari ekonomi digital sendiri,” ungkapnya.

Airlangga mengharapkan dalam Presidensi G20 bisa mempertemukan dengan para ilmuwan dan akademisi supaya bisa memberi saran kepada Indonesia terkait tiga sektor tadi.

“Dalam upaya ini, kita akan melibatkan peran serta ilmuwan dan akademisi yang tergabung dalam Think 20 dan Science 20 yang ini diharapkan bisa memberikan kontribusi ke tiga bidang tersebut juga transisi energi,” tutur Menko Airlangga.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara