Menpa RB Tjahyo Kumolo : THR dan Gaji Ke-13 PNS Cair

Menpa RB Tjahyo Kumolo : THR dan Gaji Ke-13 PNS Cair

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji 13 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, hingga pensiunan merupakan bentuk apresiasi partisipasi dalam penanganan Covid-19.

“Saya kira, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) termasuk Gaji 13, termasuk tunjangan kinerja dan lain sebagainya ini merupakan bentuk apresiasi daripada pemerintah khususnya Bapak Presiden dan Ibu Menteri Keuangan," ujar Tjahjo dalam Konferensi Pers secara virtual, Sabtu (16/4/2022).

Selama 2 tahun perkembangan dan dinamika seluruh aparatur baik pusat maupun daerah memberikan kontribusi khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19. Di mana, tetap terus menggerakkan dan mengorganisir tidak hanya di lingkungan pemerintah ataupun PPK tapi juga menggerakkan mengorganisir masyarakat yang ada di lingkungannya.

Selain itu, Tjahjo mengatakan pemberian THR dan Gaji 13 ini bentuk upaya pemerintah untuk menjaga tingkat daya beli masyarakat di tengah goncangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir ini.

“Saya kira upaya pemberian THR termasuk Gaji 13 ini merupakan upaya pemerintah untuk menjaga tingkat daya beli seperti yang dijelaskan oleh Ibu Menteri Keuangan,” kata Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, pemerintah telah memberikan kemudahan bagi ASN dan keluarga untuk melaksanakan mudik Lebaran tahun ini namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga vaksinasi.

“Juga pemerintah memberikan kemudahan untuk teman-teman ASN dan keluarganya untuk mudik tahun ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan harus juga divaksin,” ujarnya. Foto : Binti M