Menpora Puji Permainan Timnas Indonesia Usai Jadi Runner-up Piala AFF 2020

Menpora Puji Permainan Timnas Indonesia Usai Jadi Runner-up Piala AFF 2020

KABARINDO, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menyanjung perjuangan keras timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia menjadi runner-up turnamen Piala AFF 2020 usai kalah di partai final.

Timnas Indonesia harus menerima kenyataan pahit karena gagal meraih gelar juara untuk kali pertama setelah ditahan imbang 2-2 oleh Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020.

Tim Garuda kalah agregat 2-6 dari Thailand setelah pada final leg pertama Indonesia tumbang 0-4.

Tertinggal empat gol sejak memulai leg kedua, timnas Indonesia menunjukkan penampilan dengan determinasi tinggi.

Timnas Indonesia bahkan mampu unggul terlebih dahulu lewat tendangan Ricky Kambuaya pada menit kedelapan.

Menurut Menpora Zainudin Amali, hal ini menunjukkan bahwa skuad Garuda memiliki daya juang yang besar sekalipun menghadapi lawan kuat seperti Thailand.

"Saya mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Perlawanan anak-anak kita luar biasa, terlebih mereka bisa unggul terlebih dahulu," kata Amali..

Zainudin Amali menilai, skuad asuhan Shin Tae-yong telah mengalami perubahan besar apabila dibandingkan dengan penampilan mereka pada laga pertama.

Selain itu, Amali juga memuji keberanian Shin Tae-yong mengandalkan pemain-pemain muda untuk mengisi skuad timnas Indonesia pada kejuaraan dua tahunan ini.

Amali berharap pelatih asal Korea Selatan itu bisa mempertahankan mayoritas pemain-pemain muda yang tampil menjanjikan di Piala AFF 2020.

Hal itu mengingat timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah ajang penting yang tersaji pada tahun 2022.

Sejumlah pemain andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 ini berasal dari skuad timnas U-19 yang awalnya disiapkan untuk tampil pada gelaran Piala Dunia U-20 2021.

"Shin Tae-yong ini dikontrak oleh PSSI. Awalnya memang dia diminta untuk mempersiapkan timnas pada saat kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," ujar Amali.

Sumber Berita: Kemenpora
Foto: Kemenpora, PSSI