Menteri Pertanian Pastikan Pasokan Telur Ayam Mencukupi hingga Beberapa Bulan ke Depan

Menteri Pertanian Pastikan Pasokan Telur Ayam Mencukupi hingga Beberapa Bulan ke Depan

KABARINDO, MAROS - Menteri Pertanian (Mentan) Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, menjamin pasokan telur ayam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa bulan ke depan dalam kondisi aman.

Hal tersebut disampaikan oleh Syahrul Yasin Limpo usai meninjau perusahaan peternakan ayam petelur di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

"Stok telur (ayam) masih ada dan tetap tersedia dengan cukup baik," kata Syahrul Yasin Limpo pada Minggu (9/1/2022).

Pada kesempatan itu, Mentan mengatakan bahwa kenaikan harga telur ayam yang terjadi beberapa waktu lalu disebabkan oleh momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Sebut Program Prioritas PEN Akan Digenjot Sejak Awal 2022

Akan tetapi, kenaikan harga yang terjadi dianggap masih dalam kendali pemerintah karena harga yang ditemui di pasar masih dalam batas wajar.

"Sepanjang kenaikan itu masih dalam batas kendali, Pemerintah tentu tidak akan mengintervensi," ujar menteri kelahiran Makassar tersebut. 

"Intervensi baru dilakukan apabila kenaikannya melampaui batas tertentu. Jika itu terjadi, barulah kami lakukan operasi pasar dan pendekatan-pendekatan lain."

Mentan menegaskan ketersediaan telur maupun sumber daging lainnya juga dalam kondisi yang cukup. Semua masih tersedia dengan baik dan stok nasional dalam keadaan meningkat.

"Saya bersama para integrator terus memacu penuh agar peternakan ayam, petelur dan pedaging, kita terus mengalami peningkatan, katanya.

"Hari ini saya berada di tempat ini untuk memastikan bahwa peternakan ayam kita dapat memberikan efektivitas yang lebih baik dengan cara-cara yang modern."

Sumber Berita: Antara
Foto: Instagram