Migi Rihasalay Tampilkan 12 Koleksi Busana Terbaru "Mawar Hitam" di IFW 2024

Migi Rihasalay Tampilkan 12 Koleksi Busana Terbaru "Mawar Hitam"  di IFW 2024

KABARINDO, JAKARTA - Desainer muda Migi Rihasalay memperkenalkan karya terbaru di Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

"Ya, saya merilis koleksi terbaru dan memperkenalkannya  dihelatan akbar IFW 2024 yang baru pertama kali saya ikuti dengan menampilkan 12 koleksi bertemakan Mawar Hitam," papar Migi Rihasalay ditemui Kabarindo.com usai fashion show di Plenary Hall JCC, Rabu malam (27/3/2024).

Migi melanjutkan diangkatnya tema ini diambil kisah cerita yang  tentang  mawar di mana mawar simbolik dari keanggunan, kecintaan bahkan kesedihan maupun perpisahan.

"Semua orang selalu menggunakan mawar. Karena setiap warna memiliki makna, dan  ketika mawar itu warnanya menjadi hitam dia berada dalam kegelapan. Jadi makna Mawar hitam ini dimaknakan sebagai sebuah kegelapan yang memiliki kekuatan, wanita yang tidak bisa diekspos menyimpan segala macam cerita. Disitulah mereka tetap tetap cantik, indah dan banyak dikagumi Jadi koleksi ini menceritakan para wanita yang merasa bangga dengan dirinya, walau banyak yang memojokkannya," bebernya Migi yang endapatkan inspirasi koleksi ini dari cerita 'The Dark Night Life'.

Dengan persiapan hanya dalam waktu 3 Minggu, Migi menggunakan teknik bahan dasar merah yang disemprot dengan warna hitam gradasi untuk menyesuaikan bunga-bunga mawar hitamnya dengan menampilkan 15 ribu klopak.

"Untuk detailnya, yang pertama bahan dasar digradasi, kemudian setiap klopak digunting ditempel satu satu menjadi sebuah kesatuan mawar," jelasnya. 

Migi pun berharap kedepan akan terus mengeluarkan koleksi dengan lebih baik dan menginspirasi dengan teknik yang lebih sulit dengan dasar cerita lainnya.

Sekedar diketahui bahwa pekan mode terbesar di Indonesia, IFW 2024, resmi digelar di Jakarta JCC) hari ini, Rabu (27/3/2024).

Tahun ini, IFW mengusung tema 'Langgam Jakarta Teranyam'. Lewat tema ini, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ingin mengangkat keberagaman budaya Betawi dalam pesona seni dan mode kontemporer.

Hal itu pun sejalan dengan 'goal' APPMI dalam menggelar IFW setiap tahunnya. Adalah memberi ruang sebesar-besarnya bagi wastra Nusantara untuk eksis di Indonesia dan di mata dunia.

"Kami ingin membawa wastra Nusantara naik level. Jadi, apa yang sedang tren di dunia,” ujar Ketua Umum APPMI sekaligus President 0IFW Poppy Dharsono.


“Kami amati, kemudian dimodifikasi dengan memberikan sentuhan wastra Nusantara sebagai warisan Indonesia,” sambungnya.

Sebanyak 300 desainer siap menampilkan koleksi terbarunya di runway IFW yang digelar selama lima hari, mulai dari 27 Maret hingga 31 Maret 2024. Tak 0hanya itu, ada 400 exhibitor, trunk show, hingga talkshow.

IFW 2024 berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, BTN Prioritas, dan Tokopedia.


Opening Ceremony IFW 2024 dihadiri sejumlah pihak, seperti Poppy Dharsono selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sekaligus President IFW, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengharapkan agar IFW selalu hadir setiap tahunnya karena memberi dampak positif bagi dunia fashion maupun ekonomi kreatif Indonesia. Selain itu, ia juga mengapresiasi tema yang diangkat IFW tahun ini. Foto: Orie Buchori/KABARINDO.com