Mohammad Rafil Perdana Entrepreneur Muda dengan Visi Mega

Mohammad Rafil Perdana Entrepreneur Muda dengan Visi Mega

Oleh: Gatot Widakdo

KABARINDO, JAKARTA - Pakar ekonomi ternama John Maynard Keynes mengatakan, kekuatan untuk menjadi terbiasa dengan lingkungannya adalah ciri khas umat manusia. 

Prinsip ini pula yang dipegang Rafil Perdana dalam menjalani kariernya di berbagai bidang. Putra pertama dari mantan Wakapolri Komisaris Jenderal Pol (P) Dr H Syafruddin MSI, tak pernah sedikit pun ragu dalam usahanya. Adaptasi dan belajar membuatnya mudah sehingga akhirnya terbiasa dengan lingkungannya.

Di dunia bisnis, meski usianya masih muda yakni 34 tahun, Rafil sudah banyak pengalaman di bidang manajemen maritim dan pertambangan. Lulusan Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Manajemen Bisnis University of Queensland ini memegang jabatan top manajemen di beberapa perusahaan.

Rafil bahkan juga pernah nyemplung ke dunia olahraga, tepatnya sepak bola dengan menjadi COO di klub Ibu Kota, Persija Jakarta. Kolaborasi Rafil bersama rekan pengusaha lain, mampu menaikkan level citra Persija sebagai salah satu klub elite di Indonesia. Puncaknya di tahun 2018, dimana Persija Jakarta tampil sebagai juara di Liga 1 dan Piala Presiden.

Dengan kiprah tersebut, tak heran jika akhirnya Rafil dipercaya menjadi Bendahara Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA). Bagi Rafil, posisinya di kepengurusan HIPKA adalah sebagai bentuk partisipasi sekaligus tantangan  untuk membangun ekonomi Indonesia bersama pengusaha lainnya yang tergabung dalam wadah HIPKA.

Pepatah lama mengatakan, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Begitu pula Rafil, meski tidak mengikuti jejak karier sang Ayah sebagai polisi, namun, sikapnya yang tenang dan tegas dalam membuat keputusan, cukup identik.

Rafil juga punya visi yang jelas. Menurutnya, di tengah kondisi ekonomi dunia yang sedang tidak baik-baik saja, sebagai pengusaha harus tetap optimistis dengan membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja baru di berbagai sektor bisnis. “Kita juga harus menjaga sinergitas dengan pemerintah,” ujarnya di sela-sela acara pengukuhan anggota baru HIPKA angkatan 2023, Rabu (8/2) di Jakarta.

Selain banyak belajar dari sang ayah, Rafil juga banyak menyerap ilmu dari pengusaha senior yang juga Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla. Salah satu pesan JK yang selalu diingat adalah  agar jangan pernah menyerah pada keadaan, tetapi terus berjuang untuk menciptakan peluang dan terus berkembang.

Bagi masyarakat, hadirnya pengusaha dan entrepreneur muda yang punya visi mega adalah sebuah harapan. Harapan yang bisa diwujudkan dengan semangat optimisme dan sinergi yang kuat, sebagaimana yang disampaikan Mohammad Rafil Perdana. Foto: Istimewa