Mulai Hari Ini, Pemerintah akan Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura

Mulai Hari Ini, Pemerintah akan Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura

KABARINDO, JAKARTA Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Uno memastikan travel bubble antara Indonesia dan Singapura akan dilakukan uji coba mulai hari ini Senin (24/1).

“Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan,” ucap Sandiaga Uno lewat rilis tertulis, Sabtu (22/10.

Usai meninjau dua zona travel bubble di Kepulauan Riau (Kepri), yaitu Nongsa, Batam, dan Lagoi, Bintan, Sandiaga siap untuk melakukan uji coba. Tanpa mengesampingkan kondisi rawan Covid-19, skema perjalanan travel bubble ini pun nantinya akan dicantumkan dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Jadi kita mohon dukungan masyarakat dan industri pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protocol kesehatan. Termasuk integrasi dengan PeduliLindungi,” katanya.

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara yang berasal dari Singapura memiliki prospek yang strategis dalam upaya untuk membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, terkhusus di Kepri.

“Safe travel bubble tourism Kepri sudah kita siapkan satu tahun lebih bersama Bapak Gubernur dan pada saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zona untuk wisatawan Singapura,” kata Sandiaga.

Ia juga berharap dengan adanya travel bubble ini nantinya akan membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia.

“Harapannya ini tentunya kebangkitan dari ekonomi kita, terbuka lapangan kerja, dan memberikan sinyal positif bahwa kita menangani pandemi dengan baik dan terkendali,” jelasnya.

Lebih jauh, Sandiaga sudah mengestimasikan Pelabuhan ferry Bandar Bentan Telani selama penerapan travel bubble ini nantinya bisa menerima sekitar 500 orang wisman dari Singapura.

Hal tersebut mampu melayani delapan kali trip perjalanan per harinya. Bahkan sebelum adanya pandemi, Bandar Bentan Telani bisa melayani trip sebanyak 12 kali dengan total sekitar 2.400 wisman.

Pihaknya pun menyatakan Kawasan Bintan Resort sudah siap untuk memulai travel bubble yang akan segera diumumkan oleh pemerintah.

“Saya nyatakan di sini Bintan siap untuk travel dan bubble. Nanti saya laporkan ke Menko Ekonomi, biar segera diumumkan,” ujar Sandiaga mengutip Antara, Jumat (21/1).

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: Kemenparekraf