OTA Mainkan Peran Penting dalam Kebangkitan Pariwisata, tiket.com Turut Berkontribusi di Ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023

OTA Mainkan Peran Penting dalam Kebangkitan Pariwisata, tiket.com Turut Berkontribusi di Ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023

KABARINDO, YOGYAKARTA - Dalam pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 bertema “A Journey to Wonderful Destination” yang dilaksanakan pada hari Jumat (3/2/2023) di Candi Prambanan, Yogyakarta, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa sektor pariwisata mampu bangkit kembali dan pergerakan pariwisata di wilayah ASEAN diharapkan dapat meraih kembali puncak kejayaannya di tahun ini dan di masa yang akan datang. 

“Kita patut bersyukur karena kawasan ASEAN saat ini berada di garis paling depan dalam pemulihan sektor pariwisata di negara Asia Pasifik. Berdasarkan catatan World Trade Organization (WTO), jumlah kedatangan wisatawan mancanegara kawasan Asia-Pasifik pada Januari-September 2022, tercatat naik sebesar 11% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021.” ujar Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang ikut memberikan sambutan dalam acara pembukaan tersebut menyatakan Kemenparekraf saat ini telah menggunakan strategi khusus untuk mendorong tercapainya  pemulihan pariwisata nasional, yakni dengan formula 3G (Gercep, Geber Gaspol). Pertama, Gerak Cepat (Gercep) untuk mengejar ketertinggalan yang telah dialami industry selama pandemic. Kedua yaitu Gerak Bersama (Geber) dengan merangkul semua pihak yang terlibat. Dan yang ketiga adalah Garap Semua Potensi Untuk Lapangan Usaha (Gaspol) dengan memaksimalkan semua kesempatan di lapangan yang harus digarap.

Sandiaga menambahkan,”Kami optimis bahwa diversifikasi sektor yang dilakukan dalam pengembangan industri pariwisata di Indonesia tidak hanya membuka kesempatan lapangan pekerjaan, namun juga memberikan aspek nilai tambah di dalamnya. Selain itu, Kemenparekraf akan fokus terhadap tiga agenda prioritas; recovery & rebuilding, digital transformation, dan sustainability.”

Kolaborasi terus digenjot pemerintah guna mencapai target-target yang sudah dicanangkan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah membuka banyak pintu kolaborasi seperti salah satunya program Co-Branding untuk mempromosikan produk lokal dan meningkatkan pariwisata Indonesia. Selain itu, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan OTA Indonesia, salah satunya tiket.com. Keterlibatan pihak swasta turut memberikan dukungan yang lebih besar lagi kepada program-program pariwisata pemerintah.

“Sebagai pionir OTA di Indonesia dan mitra strategis dari Kemenparekraf, tiket.com selalu membuka pintu dan berinisiatif untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama bersama Kemenparekraf untuk kebangkitan pariwisata di Indonesia. Tahun 2023 ini, kami kembali membawa semangat kolaborasi tersebut melalui ATF 2023. Acara ini kami harapkan dapat menjadi ajang untuk memberikan akselerasi terhadap kemajuan pariwisata Indonesia kedepannya dan menggaet lebih banyak lagi wisatawan asing ke Indonesia.” Ujar Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) tiket.com, Gaery Undarsa.

Sebelumnya, pada 2022 lalu tiket.com bersama Kemenparekraf sudah melaksanakan sejumlah kegiatan bersama baik berskala nasional maupun internasional. Salah satu di antaranya adalah World Tourism Day G20 di Bali lalu, di mana tiket.com turut meramaikan dan mendukung penuh ajang bergengsi tersebut. tiket.com juga telah melaksanakan beberapa Focus Group Discussion (FGD) untuk meningkatkan literasi digital para pelaku pariwisata di berbagai destinasi prioritas di Indonesia.

“OTA di Indonesia memainkan peran penting dalam tercapainya program-program pariwisata pemerintah. Oleh karenanya, kami mendukung inisiatif-inisiatif yang dilakukan tiket.com guna memajukan pariwisata nasional, terutama di destinasi-destinasi prioritas” ujar Sandiaga pada kesempatan terpisah dalam audiensi bersama tim tiket.com beberapa hari sebelum kegiatan ATF 2023 berlangsung.

Selanjutnya, di awal tahun ini tiket.com turut mendukung perhelatan ATF 2023. Pada acara yang dihadiri lebih dari 15 negara dan organisasi internasional ini, tiket.com menjadi Official Ground Transportation Partner selama acara berlangsung untuk mengakomodir transportasi darat para tamu menteri dan delegasi dari ATF. Dukungan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen tiket.com untuk terus mendukung berbagai kegiatan pemerintah yang mampu mendongkrak kemajuan pariwisata Indonesia.

Pada tahun 2023 ini, tiket.com akan kembali melaksanakan berbagai program-program beserta kegiatan nasional yang tidak hanya fokus untuk membantu memajukan performa pergerakan wisata nusantara, namun juga meningkatkan kualitas para pelaku pariwisata di Indonesia. Foto: Ist