Paceklik Medali Emas Renang Putri di SEA Games Bisa Segera Berakhir

Paceklik Medali Emas Renang Putri di SEA Games Bisa Segera Berakhir

KABARINDO, JAKARTA - Indonesia mungkin tak perlu menunggu lama lagi untuk bisa kembali mendapatkan medali emas di ajang SEA Games cabang olahraga renang putri.

Hal itu diungkapkan oleh pelatih timnas renang Indonesia, Albert C Sutanto.

Menurutnya, paceklik ini akan bisa berakhir pada gelaran SEA Games yang akan digelar di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Albert berkata demikian usai melihat progres perenang putri Indonesia, Azzahra Permatahani.

Perenang berusia 19 tahun itu terus membaik, terutama di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri.

Saat ini, Azzahra adalah pemegang rekor nasional untuk nomor tersebut, saat berlaga di Singapura pada 2019 lalu dengan waktu 4 menit 48,51 detik.

"Di Asia Tenggara atau nanti pada SEA Games kali ini (Hanoi), saya rasa kesempatan Azzahra besar sekali pada nomor 400 meter gaya ganti. Semoga bisa terus meningkat," kata Albert.

Paceklik Gelar

Indonesia kali etrakhir meraih medali emas adalah ketika jadi tuan rumah pada 2011 lalu.

Saat itu Yessy Yosaputra menyumbangkan emas dengan finis terdepan pada nomor 200 meter gaya punggung dengan catatan waktu 2 menit 15,73 detik.

Kini, Azzahra punya peluang untuk meneruskan catatan perolehan medali emas tersebut.

Azzahra jadi satu-satunya wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 usai dapat wildcard. Ia turun apda nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri dengan waktu 4 menit 54,54 detik.

Ia juga tampil di Indonesia Open Aquatic Championships di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) pada 9-12 Desember kemarin, ia finis terdepan di nomor serupa dengan catatan 5 menit 02,95 detik.

Sumber: Antara
Foto: Antara