Pangeran Harry Merasa Tak Aman Bawa Keluarga ke Inggris

Pangeran Harry Merasa Tak Aman Bawa Keluarga ke Inggris

KABARINDO, LONDON – Tim hukum Pangeran Harry mengatakan kepada Pengadilan Tinggi di London pada hari Jumat (18/2) bahwa sang pangeran "tidak merasa aman" membawa anak-anaknya ke Inggris setelah kehilangan perlindungan polisi yang didanai pembayar pajak.

Berbicara pada sidang pendahuluan agar perlindungan keamanan Harry dipulihkan, pengacara Shaheed Fatima menyatakan keprihatinan Harry atas pengaturan keamanan yang diberlakukan sejak dia dan istrinya, Meghan Markle, mundur dari tugas kerajaan pada Januari 2020 .

Harry dan Meghan kehilangan perlindungan yang didanai publik di Inggris sejak ia mengumumkan keputusannya yang mengejutkan. 

Mereka sendiri secara pribadi membayar keamanan  di Amerika Serikat, namun ketika mereka meminta perlindungan polisi Inggris dengan membayar dari kantong mereka sendiri, permintaan itu ditolak. 

Ini berarti bahwa jika Duke dan Duchess of Sussex kembali ke Inggris dengan anak-anak mereka Archie Harrison, 2, dan Lilibet Diana, 8 bulan, mereka tidak akan berhak atas perlindungan yang didanai negara dan tingkat intelijen keamanan yang mendalam yang menyertainya. .

(Foto: foto resmi terakhir keluarga Harry -Daily Mail)

"Klaim ini tentang fakta bahwa penggugat tidak merasa aman ketika dia berada di Inggris mengingat pengaturan keamanan yang diterapkan padanya pada Juni 2021 dan akan terus diterapkan padanya jika dia memutuskan untuk kembali," kata Fatima. di Royal Courts of Justice, lapor The Guardian.

"Dan, tentu saja, dia ingin kembali untuk bertemu keluarga dan teman-teman, serta untuk terus mendukung badan amal yang begitu dekat di hatinya," tambah pengacara itu. "Yang terpenting, (negara) ini adalah, dan akan selalu menjadi, rumahnya."

Kunjungan Terakhir

Kekhawatiran Pangeran Harry diyakini berasal dari kunjungan terakhirnya ke Inggris pada Juli 2021, ketika ia bergabung dengan kakaknya, Pangeran William, untuk meresmikan patung ibu mereka, Putri Diana, di taman Istana Kensington.

Setelah menghadiri acara amal pasca peresmian itu, mobil Pangeran Harry dilaporkan dikejar oleh fotografer melalui jalan-jalan ibukota Inggris.

(Foto: Peresmian patung Lady Diana Spencer di Istana Kensington -AP)

Pada bulan September 2021, Harry memutuskan untuk mengatasi masalah ini dengan mengajukan peninjauan kembali terhadap pengaturan keamanan, tantangan hukum terhadap keabsahan keputusan yang diambil oleh badan publik. 

Sidang hari Jumat lalu merupakan tahap awal dari proses peradilan yang kemungkinan memakan waktu lama.

Pangeran Harry, 37, sebelumnya juga telah berbicara panjang lebar tentang luka emosional yang ditimbulkan oleh perlakuan ibunya di tabloid sebelum kematiannya yang tragis pada tahun 1997.

(Foto: Silsilah keluarga Ratu Elizabeth -Britroyals)

Saat ini, hanya Ratu, Pangeran Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William, dan Kate Middleton yang menerima perlindungan polisi 24 jam.

Bangsawan "bekerja" lainnya seperti Putri Anne, Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex, hanya menerima perlindungan negara ketika mereka melakukan acara resmi kenegaraan atau kerajaan.

Sementara itu, cucu-cucu Ratu (termasuk Zara Tindall, cucu dari Putri Anne; Putri Beatrice, dan Putri Eugenie, anak-anak Pangeran Andrew) sama sekali tidak menerima perlindungan yang didanai pemerintah. Sementara itu, seperti Harry, pamannya, Pangeran Andrew kehilangan haknya atas perlindungan ketika ia mundur dari tugas kerajaan pada November 2019.

***(Sumber: People/The Guardian; Foto: The Times, Daily Mail, AP, Britroyals)