PangeranCharles Philip Arthur George Resmi Jadi Raja Charles III Kerajaan Inggris

PangeranCharles Philip Arthur George Resmi Jadi Raja Charles III  Kerajaan Inggris

KABARINDO, LONDON – Pangeran Charles sudah resmi menjadi Raja Charles III dan diumumkan secara publik di balkon Friars Court di Istana St James.

Garter King of Arms membacakan Proklamasi Pertama dari balkon di atas Friary Court, Istana St James. Lalu lagu kebangsaan Inggris ‘God Save The King’ dimainkan dan State Trumpeters membunyikan Royal Salute.

Seperti diketahui, Raja menandatangani sumpah yang baru saja dia nyatakan di depan Dewan Penasihat. Lalu saksi menambahkan tanda tangan mereka ke dokumen.

Charles kemudian mengambil sumpah terkait dengan keamanan Gereja Skotlandia.

“Saya sangat menyadari warisan yang besar ini dan akan tugas dan tanggung jawab yang berat dari Kedaulatan yang sekarang telah dilimpahkan kepada saya,” terangnya.

“Dalam mengambil tanggung jawab ini, saya akan berusaha untuk mengikuti contoh inspirasi yang telah saya berikan dalam menegakkan pemerintahan konstitusional dan untuk mencari perdamaian, harmoni dan kemakmuran masyarakat Kepulauan ini dan Alam Persemakmuran dan Wilayah di seluruh dunia,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Raja baru juga mengumumkan kematian "ibu tercinta, Ratu".

Seluruh dunia bersimpati dengan saya atas kehilangan yang tidak dapat diperbaiki yang telah kita semua derita,” ujarnya.

“Untuk kita semua sebagai sebuah keluarga, untuk kerajaan ini dan keluarga yang lebih luas dari bangsa-bangsa yang menjadi bagiannya, ibu saya memberikan contoh cinta seumur hidup dan pelayanan tanpa pamrih,” ungkapnya.

“Pemerintahan ibuku tiada bandingnya dalam durasi, dedikasi dan pengabdiannya. Bahkan saat kita berduka, kita bersyukur atas kehidupan yang paling setia ini,” ujarnya.