Paus Fransiskus Minta Israel Hentikan Kebiadabannya

Paus Fransiskus Minta Israel Hentikan Kebiadabannya

KABARINDO, JAKARTA -- Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menyerukan Israel untuk menyudahi kebiadabannya di tanah Palestina. Ia mendesak gencatan senjata segera dilakukan.

"Dalam hati saya merasa sedih atas penderitaan rakyat Palestina dan Israel. Benarkah ini rencana kita untuk membangun dunia yang lebih baik? Berhenti, Cukup," kata Paus dalam pesan Angelus mingguannya.

Ia mengatakan kehancuran yang sangat besar itu menyebabkan penderitaan dan mempunyai konsekuensi yang mengerikan bagi kelompok kecil dan tidak berdaya. Dia juga menegaskan kembali keinginannya untuk pembebasan sandera dan meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Setidaknya, 30.410 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan 71.700 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Israel juga telah memberlakukan blokade di Gaza, menyebabkan para penduduk berada di ambang kelaparan.

Israel telah ditutut karena melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Putusan sela pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida, dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. Namun, putusan tersebut sama sekali tidak diindahkan pihak Israel. Red dari berbagai sumber