PBVSI akan Gelar Liga Voli Indoor 'Sea V League' Antar Negara Asia Tenggara

PBVSI akan Gelar Liga  Voli Indoor 'Sea V League' Antar Negara Asia Tenggara

KABARINDO, JAKARTA - Sukses menggelar AVC Challenge Cup 2023 for Women di Gresik, sebulan lalu, PP. PBVSI kembali akan menggelar event yang dinamakan SEA V League, yakni sebuah liga voli indoor antar negara Asia Tenggara, yang akan dihelat di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, 21-23 Juli 2023 mendatang.

Empat negara akan tampil selama tiga hari pada pekan pertama di Sentul, yaitu Filipina, Vietnam, Thailand, dan lndonesia. Ke-4 negara yang akan berlaga pada kejuaraan yang didukung Jakarta LavAni yaitu tim yang mendapatkan emas pada SEA Games 2023 Kamboja kemarin serta membungkam tuan rumah, Kamboja, dengan skor 3 - 0. Sehingga Indonesia dijuluki "Sea Games Volleyball King" dikarenakan selama perhelatan Sea Games 2023, di Kamboja kemarin, Tim Nasional Indonesia mendapatkan "Perfect Match" sampai mendapatkan Gold Medal.

Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP. PBVSI), Komjen Pol. (P) Drs. Imam Sudjarwo, M.Si, mengatakan Indonesia dipastikan akan menurunkan tim nasional dalam laga itu.

"Kita akan menurunkan tim nasional yang didukung klub LavAni, sebagai juara Proliga 2023," ujarnya.

Liga bola voli Asia Tenggara itu selain berlangsung di Indonesia juga akan berlangsung di Filipina pada pekan kedua, 28-30 Juli 2023 mendatang. Imam menambahkan, adanya liga ini tentunya semakin menambah jam terbang tim nasional di kancah internasional.

"Dengan demikian, pengalaman internasional akan semakin menambah kekuatan tim nasional kita," katanya.

Di bagian putri juga Indonesia akan mengikuti kegiatan yang sama. Pekan pertama akan berlangsung di Vietnam, 4-6 Agustus 2023 mendatang. Sedangkan pekan kedua di Thailand, 11-13 Agustus 2023. Pelatnas untuk putri sudah dilaksanakan di Bandung sejak 6 Juli 2023. Untuk putri ini didukung Bandung Bank BJB Tandamata sebagai juara Proliga 2023 di sektor putri.

Sementara itu, Ketua Il Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI, Reginald Nelwan, mengatakan, liga yang dikuti empat negara sengaja dilaksanakan di Padepokan Voli Sentul agar negara lain semakin mengenal padepokan milik dari PBVSI.

"Pertandingan di Sentul itu akan dihadiri penonton," ucapnya.

Bagl masyarakat yang tidak bisa menyaksikan pertandingan SEA V League 2023 secara langsung, EMTEK Group secara resmi mendukung seluruh penayangan pertandingan secara langsung dan ekslusif melalui media EMTEK Group vaitu Moji, Vidio, dan Nexparabola.

Hendy Lim Direktur Moji menyampaikan, pihaknya setia mendukung program yang dilakukan PBVSI untuk meningkatkan kualitas cabang olahraga dan para pemain bola voli di Indonesia. Terbukti pada AVC Challenge Cup for Men dan Women 2023, Indonesia menunjukkan kemampuannya dalam bersaing di level internasional.

" Moji sebagai televisi free-to-air berkomitmen memberikan penayangan olahraga terbaik, termasuk bola voli dengan ikut serta dalam penayangan dan juga bertindak sebagai pihak yang memproduksi tayangan ini, termasuk untuk pemirsa di luar negeri.

Sementara itu, Monika Rudijono selaku Managing Director Vidio menambahkan, pihaknya merasa senang dan terhormat dapat dipercaya kembali untuk menayangkan pertandingan olahraga voli, karena kehadiran tim nasional Indonesia, yang sebelum-nya telah sukses memenangkan medali emas dari SEA Games Kamboja 2023. 

"Para penggemar, terutama para pendukung tim nasional Indonesia, tidak perlu takut ketinggalan, karena Vidio akan menayangkan seluruh rangkaian pertandingan SEA V League 2023, yang dapat ditonton kapan saja dan dimana saja, melalui aplikasi Vidio. Tak ketinggalan, pihaknya juga akan menyediakan fitur khusus bagi para penonton untuk dapat memberikan dukungan secara langsung kepada para atlet yang tengah bertanding, melalui fitur live chat." ujarnya.

Hampir seluruh pertandingan SEA V League 2023 dapat disaksikan secara gratis, pada aplikasi Vidio. Namun, khusus pertandingan tim nasional Indonesia melawan Thailand, Vietnam, dan Filipina, para pengguna harus terlebih dahulu berlangganan paket.

Junus Koswara selaku Direktur Utama Nex Parabola mengatakan, melihat animo masyarakat Indonesia terhadap olahraga bola voli dan memberi dukungan kepada para timnas Indonesia Nex Parabola akan menyiarkan pertandingan seluruh pertandingan ini secara LIVE dengan kualitas terbaik di channel Moji HD Plus dan Champions TV 4 dengan cara membayar Paket Voli seharga Rp 39.000/ 30 Hari dan FREE channel Champions TV3. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com