PDI Perjuangan Rencanakan Rakernas Akhir September 2023, Ini Tema yang akan Diusung!

PDI Perjuangan Rencanakan Rakernas Akhir September 2023, Ini Tema yang akan Diusung!

KABARINDO, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) rencananya akan rapat kerja nasional (Rakernas) IV pada 29 September 2023. Forum tersebut akan mengangkat tema tentang kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat.


“Ini sangat penting karena pangan menyangkut hak hidup rakyat. Maka rakernas pada hari pertama ini akan membahas tentang pangan, tentang pemberdayaan petani,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di Kantor DPD PDIP Banten, Serang, Banten, Ahad (10/9/2023).


“Dalam rangka peringatan Hari Tani dengan Undang-Undang Pokok Agraria,nmaka partai mengadakan rakernas dengan tema membangun kedaulatan untuk kesejahteraan rakyat,” sambungnya.


Rakernas IV PDIP juga menjadi forum konsolidasi bagi calon anggota legislatif (caleg) untuk memetakan wilayahnya. Termasuk forum konsolidasi pemenangan untuk Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.


“Baru pada hari ketiga rekomendasi bahwa rakernas akan dilakukan bertempat di Kemayoran,” ujar Hasto.


“Ini sudah dipersiapkan cukup lama karena partai ini kan merencanakan agenda agenda besar selama lima tahun,” sambungnya.


Rakernas IV PDIP, jelas Hasto, tak akan menjadi forum finalisasi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.


“Kalau penggodokan nama cawapres kan dilaksanakan hampir ya dipertimbangkan setiap hari. Bu Megawati Soekarnoputri beliau melihat seluruh konstelasi politik melihat secara mendalam,” ujar Hasto.