Pelatih Portugal Fernando Santos Tinggalkan Kursi Pelatih

Pelatih Portugal Fernando Santos Tinggalkan Kursi Pelatih

KABARINDO, - Fernando Santos dikabarkan lengser sebagai pelatih Timnas Portugal buntut gagal di Piala Dunia 2022. Kabar ini disampaikan oleh jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, di akun Twitter pribadinya.

“Fernando Santos tidak lagi menjadi pelatih kepala Timnas Portugal. Keputusan telah dibuat setelah Piala Dunia,” tulis akun @FabrizioRomano, dikutip Jumat (16/12/2022).

“Portugal akan menunjuk pelatih baru dalam beberapa minggu ke depan,” lanjutnya.

BACA JUGA: Masuk Bursa Pelatih Baru Timnas Portugal, Jose Mourinho Didukung Pemain Legenda Selecao das Quinas

Santos memang gagal membawa Selecao -julukan Timnas Portugal- melangkah jauh di Piala Dunia 2022. Cristiano Ronaldo cs tersingkir di babak perempatfinal Piala Dunia 2022. Di babak itu, mereka dikalahkan Timnas Maroko dengan skor 0-1.

Seperti diketahui, Santos sudah sekira 9 tahun memimpin skuad Portugal (sejak 2014). Dia pun sebenarnya sukses membawa Portugal mengukir prestasi, di antaranya mengantarkan Cristiano Ronaldo dkk juara Piala Eropa 2016.

Tak hanya itu, Fernando Santos kembali membawa Portugal juara di Liga Bangsa-Bangsa Eropa atau UEFA Nations League 2019. Tak ayal, Santos awalnya diyakini bisa membawa Portugal juara dunia.

Kontrak Santos di Timnas Portugal sendiri sebenarnya masih ada hingga Piala Eropa 2024. Tapi dengan kabar ini, mereka dipastikan bakal mencari pelatih baru untuk ajang tersebut.

Beredar rumor kandidat terkuat untuk menggantikan Fernando Santos adalah Jose Mourinho dan Paulo Fonseca. Namun, Mourinho saat ini tengah sibuk menangani AS Roma, sementara Fonseca baru saja bergabung dengan LOSC Lille.

Foto: Reuters