Penganugerahan Penghargaan BPH Migas 2023

Penganugerahan Penghargaan BPH Migas 2023

KABARINDO, JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memberikan penghargaan kepada sejumlah badan usaha dan pemerintah daerah (pemda) sebagai apresiasi telah mendukung kebijakan di sektor hilir migas lewat Penghargaan BPH Migas 2023.


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan seiring dengan usianya yang menginjak 21 tahun, BPH Migas memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap penyediaan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) dan gas bumi melalui pipa.

“Dukungan dan kerja sama dengan para pemangku kepentingan, baik kementerian/lembaga, badan usaha, pemerintah daerah, kepolisian, TNI serta anggota legislatif tentunya akan mewujudkan sinergi yang solid untuk melaksanakan peran strategis tersebut,” katanya dalam sambutannya secara virtual di Penganugerahan Penghargaan BPH Migas 2023 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat malam.

Arifin berharap prestasi dan apresiasi yang diberikan kepada para pemangku kepentingan bisa memberi semangat dalam meningkatkan kinerja untuk dapat terus berinovasi.

“Semoga penghargaan ini bisa memberi inspirasi bagi stakeholders sektor ESDM, khususnya subsektor hilir migas dalam memberikan kontribusi bagi bangsa untuk memberikan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” kata Arifin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan penghargaan yang diberikan hanyalah sedikit bentuk apresiasi yang dapat lembaga itu berikan dalam rentang usianya yang tahun ini memasuki 21 tahun.

Ia menyebut, dalam perjalanan selama lebih dari 20 tahun itu, BPH Migas telah bertumbuh dan bersinergi dengan para mitra. Ia pun mengakui bukan suatu hal yang mudah untuk tetap menjaga eksistensi institusi di tengah dinamika dunia migas yang sangat dinamis.

“Semoga tahun depan kondisi geopolitik global lebih stabil seiring dengan tahun politik Indonesia, dan semoga komitmen kita bersama masih tetap terjaga dalam mewujudkan keadilan dan ketahanan energi untuk masyarakat,” kata Erika.

Penghargaan BPH Migas telah dilaksanakan sejak 2019. Berikut daftar penerima Penghargaan BPH Migas 2023:

Badan Usaha BBM Terbaik:
1. PT Aneka Petroindo Raya
2. PT Moto Energy Indonesia
3. PT Ocean Indonesia Energy​​​​​​

Badan Usaha Niaga Gas Bumi Melalui Pipa Terbaik:
1. PT Perusahaan Gas Negara Tbk
2. PT Sarana Cepu Energi
3. PT Bayu Buana Gemilang

Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa Terbaik:
1. PT Pertamina Gas
2. PT Transportasi Gas Indonesia
3. PT Majuko Utama Indonesia

Pemerintah Daerah Terbaik Dalam Membantu Program Pemerintah Dalam Pengawasan Penyaluran BBM Bersubsidi:
1. Pemprov Kepulauan Bangka Belitung
2. Pemprov Kepulauan Riau

Konsumen Pengguna JBT Minyak Solar Kategori Transportasi Khusus Terbaik dalam Perencanaan dan Pemanfaatan:
1. PT Kereta Api Indonesia (Persero)
2. PT Pelni (Persero)
3. Kelompok Kapal Pelayaran Rakyat

Penyalur BBM Satu Harga:
1. SPBUN 18.291082 Kec. Tambelan, Bintan, Kepulauan Riau
2. SPBU 66.757001 Kec. Long Apari, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur
3. SPBKB 30.1.2.019 Kec. Ngambur, Pesisir Barat, Lampung

BPH Migas juga memberikan apresiasi dengan kategori sebagai berikut:

Pemerintah Daerah yang Mendukung Program BBM Satu Harga, kepada Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Maybrat;

Apresiasi atas Konsistensi dan Realisasi Pembangunan BBM Satu Harga sejak 2017-2023 kepada PT Pertamina (Persero);

Badan Usaha yang Mendukung Target Jargas RPJMN dalam Pengembangan Jargas PSI Non APBN kepada PT Perusahaan Gas Negara Tbk;

Kementerian/Lembaga dalam Membantu Program Pemerintah dalam Pengawasan Penyaluran BBM Bersubsidi kepada Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri;

Pemerintah Daerah Terbaik dalam Mendukung Program Percepatan Pembangunan Jargas kepada Pemkab Sleman, Pemkot Bandarlampung, dan Pemkab Karawang;

Manajemen Rantai Pasok Penyediaan dan Pendistribusian BBM Terbesar kepada PT Pertamina Patra Niaga.