Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan, Wujudkan Generasi Emas

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan, Wujudkan Generasi Emas

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan, Wujudkan Generasi Emas

Optimalkan periode krusial melalui tiga pilar: Gali Potensi, Beri Atensi dan Nutrisi Terbaik

Surabaya, Kabarindo- Seperti kita ketahui, 1000 hari pertama kehidupan (HPK) adalah periode emas yang menentukan masa depan anak, sehingga KALBE Nutritionals melalui Morinaga berkomitmen mendukung orang tua mengoptimalkan periode krusial ini melalui Tiga Pilar: Gali Potensi, Beri Atensi dan Nutrisi Terbaik.

dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, menekankan pentingnya 1000 HPK untuk masa depan anak, Masa 1000 HPK adalah masa di mana perkembangan otak dan organ tubuh yang paling pesat. Sekitar 80% sel saraf otak sudah selesai terbentuk dan merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan anak, di mana pondasi untuk kecerdasan, emosional dan sosial anak terbentuk.

“Stimulasi dan nutrisi yang tepat selama periode ini sangat penting untuk mencapai potensi maksimal anak. Menyadarkan orang tua tentang pentingnya memberikan perhatian selama 1000 HPK adalah kunci untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal,” ujarnya.

Kehilangan kesempatan pada masa ini tidak dapat diubah, dan jika abai bisa memiliki konsekuensi penyakit kronis yang diderita anak dari mulai stunting, gangguan kardiovaskuler sampai gangguan pertumbuhan lain. Cukup banyak pula penelitian menunjukkan bahwa anak yang menerima nutrisi dan stimulasi yang tepat selama 1000 HPK memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan keterampilan sosial yang lebih baik.

Junita, Business Unit Head Morinaga Growing Up Milk KALBE Nutritionals, memaparkan tiga pilar pengasuhan yang dinilai krusial demi tumbuh kembang anak yang optimal.

Pertama, pilar "Gali Potensi" yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka tanpa paksaan, mendorong mereka untuk menemukan potensi diri mereka.

Kedua, pilar "Beri Atensi" yang menekankan pentingnya memberikan stimulasi, kasih sayang dan interaksi yang berkualitas untuk membangun koneksi emosional yang kuat dan mendukung perkembangan sosial dan emosional anak.

Ketiga, pilar "Nutrisi Terbaik" yang memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi anak dengan makanan bergizi seimbang dan suplemen yang tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, daya tahan tubuh kuat dan fisik yang optimal.

Reisa Broto Asmoro, seorang mominfluencer dan dokter yang aktif mengedukasi masyarakat terkait gaya hidup sehat, menyetujui pentingnya peran orang tua di masa 1000 HPK.

“Menemani anak bertumbuh merupakan pengalaman istimewa, tak terlupakan dan tidak dapat diulangi oleh orang tua,” ujarnya.

Foto: istimewa