Penyanyi Ceko Meninggal setelah Sengaja Tertular Covid

Penyanyi Ceko Meninggal setelah Sengaja Tertular Covid

KABARINDO, PRAHA – Seorang penyanyi musik folk dari Republik Ceko telah meninggal setelah dengan sengaja menginfeksi dirinya dengan Covid, lapor BBC, Rabu (19/1).

Hana Horka, 57, penyanyi grup musik rakyat tertua di Ceko bernama Asonance, sebelumnya tidak pernah divaksinasi dan telah memposting di media sosial bahwa dia pulih setelah dites positif, tetapi meninggal dua hari kemudian.

Putra Horka dan suaminya sama-sama tertular Covid selama Natal. Tidak seperti mereka berdua yang telah divaksinasi lengkap, Horka memang memilih untuk tidak divaksinasi.

Putranya, Jan Rek, mengatakan mendiang ibunya lebih memilih untuk mengekspos dirinya ke virus ketika dia dan ayahnya terkena virus, agar dia bisa mendapatkan izin pemulihan agar bisa mengakses tempat-tempat tertentu.

"Dia seharusnya diisolasi selama seminggu karena kami dites positif. Tapi dia bersama kami sepanjang waktu," katanya.

Bukti vaksinasi atau infeksi baru-baru ini dari virus diperlukan di Republik Ceko untuk dapat masuk ke banyak tempat sosial dan budaya, termasuk bioskop, bar, dan kafe.

Dua hari sebelum Horka meninggal, dia menulis di media sosial bahwa dia sedang dalam pemulihan: "Sekarang akan ada teater, sauna, konser".

Pada hari Minggu pagi, hari dia meninggal, Ms Horka mengatakan dia merasa lebih baik dan berpakaian untuk berjalan-jalan. Tapi kemudian punggungnya mulai sakit, jadi dia berbaring di kamarnya.

"Dalam waktu sekitar 10 menit semuanya selesai," kata putranya. "Dia tersedak sampai mati".

(Foto: Jan Rek dan Hana Horka -BBC)

Meskipun dia tidak divaksinasi, Jan Rek menekankan bahwa ibunya tidak percaya pada beberapa teori konspirasi yang aneh-aneh tentang vaksin Covid.

"Filosofinya adalah dia lebih setuju dengan gagasan [mendapatkan imunitas dengan] tertular Covid daripada divaksinasi. Bukannya [khawatir] kita akan mendapatkan microchip atau semacamnya," katanya.

Semasa hidupnya, tidak ada gunanya mencoba mendiskusikan masalah ini dengan ibunya karena percakapan akan menjadi terlalu emosional, tambahnya. 

Karena itu dia berharap dengan menceritakan kisahnya dia bisa meyakinkan orang lain untuk divaksinasi.

"Contoh hidup dari kehidupan nyata itu lebih kuat dari sekadar grafik dan angka. Anda tidak bisa benar-benar bersimpati dengan angka."

Jumlah kasus Covid di Republik Ceko mencapai tertinggi harian baru pada hari Rabu (19/1) dengan 28.469 kasus dilaporkan dalam populasi 10,7 juta orang.

Sekitar 63% dari total populasi Republik Ceko telah divaksinasi lengkap, dibandingkan dengan rata-rata 69% di seluruh Uni Eropa. ***(Sumber dan foto: BBC)